Sejarah Pangeran Purbaya Kalisoka Tegal, Putra Raja Mataram yang Berperan Besar Syiarkan Islam

Sejarah Pangeran Purbaya Kalisoka Tegal, Putra Raja Mataram yang Berperan Besar Syiarkan Islam

MAKAM - Sejarah Pangeran Purbaya Kalisoka Tegal adalah bagian tak terpisahkan dari sejarah penyebaran Islam di Indonesia.--

BACA JUGA: Sejarah Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Jawa Tengah, yang Direncanakan Bisa Bertahan Hingga Satu Abad

BACA JUGA: Sejarah Asal-usul Desa Lebaksiu Tegal, Kini Punya Ikon Unik yang Mendunia

Koneksi dengan Walisongo

Dalam proses pembangunan masjid dan penyebaran Islam di Kalisoka, Pangeran Purbaya juga berhubungan dengan Walisongo. Bahkan, Sayyid Abdul Ghoffar diyakini sebagai wali kesembilan dengan gelar Syaikh Abdul Ghofar Assegaf karena peran besar beliau dalam menyebarkan Islam di Kalisoka dan wilayah Tegal.

Makam Pangeran Purbaya dan Ziarah


Pangeran Purbaya wafat dan dimakamkan di Kalisoka. Makamnya hingga kini menjadi tempat ziarah yang ramai dikunjungi oleh puluhan ribu orang setiap malam Jumat Kliwon. Para peziarah datang dari berbagai daerah di Indonesia untuk berdoa dan ngalap berkah di makam beliau. 

Kompleks makam Pangeran Purbaya juga menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi keturunan dan murid-murid beliau dari Brebes, Tegal, dan Pemalang.

Pangeran Purbaya memiliki enam anak, namun tidak semua jejak mereka terlacak. Anak-anak beliau yang diketahui adalah Ki Ageng Umar, Ramidin, Hanafi, Hasan, Mukmin, Kyai Abdul Goni, dan Kiai Besar.

BACA JUGA: Sejarah Desa Bumijawa di Kabupaten Tegal, Rumorsnya Masih Ada Hubungannya dengan Kerajaan Galuh Purba

BACA JUGA: Sejarah Julukan Haven Zucker Kota Tegal yang Menjadi Permulaan Pelabuhan Tegal

Warisan dan Pengaruh Pangeran Purbaya

Meskipun telah berlalu ratusan tahun, warisan dan pengaruh Pangeran Purbaya masih terasa hingga kini. Masjid yang beliau dirikan di Kalisoka masih menjadi pusat kegiatan keagamaan bagi masyarakat setempat. 

Selain itu, kisah hidup dan perjuangan Pangeran Purbaya terus diceritakan dari generasi ke generasi, menegaskan peran penting beliau dalam sejarah penyebaran Islam di wilayah Tegal.

Kesaktian dan karomah Pangeran Purbaya yang dipercayai masyarakat menjadi salah satu daya tarik bagi para peziarah. Keberadaan makam beliau yang ramai dikunjungi juga menunjukkan betapa dihormatinya Pangeran Purbaya sebagai seorang wali Allah yang berjasa besar dalam dakwah Islam.

Sumber: