5 Mitos Menanam Bambu Kuning di Depan Rumah, Benarkah Ampuh sebagai Penangkal Makhluk Halus?

5 Mitos Menanam Bambu Kuning di Depan Rumah, Benarkah Ampuh sebagai Penangkal Makhluk Halus?

Mitos menanam bambu kuning di depan rumah --Tangkap layar YouTube moxer tv

Radartegal.id- Hidup di Indonesia kaya akan ragam budaya dan kental akan dengan mitos yang secara turun temurun hingga saat ini. Salah satu mitos yang masih diyakini sebagai masyarakat saat ini adalah mitos menanam bambu kuning.

 

Mitos menanam bambu kuning menurut orang tua zaman dahulu dipercaya sebagai pagar gaib ataupun penangkal makhluk halus. Selain itu, tanaman tersebut juga dipercaya sebagai penangkal santet, pelet dan ilmu hitam.

 

Lantas apakah benar demikian? Untuk mengetahui jawaban selengkapnya, yuk simak mengenai mitos menanam bambu kuning yang masih populer di kalangan masyarakat.

 

Dikutip dari kanal YouTube Sobat Happy Plant, berikut ini 4 mitos menanam bambu kuning yang masih dipercaya hingga sekarang. Jangan lupa baca hingga selesai supaya menambah wawasan ilmu pengetahuan baru.

BACA JUGA: 7 Mitos Seputar Ular Weling, Apakah Benar Merupakan Wujud Reinkarnasi Leluhur?

BACA JUGA: 6 Mitos Pohon Bambu Menurut Primbon Jawa, Salah Satunya Dipercaya Menjadi Pembawa Keberuntungan

Mitos menanam bambu kuning 

1. Sebagai Pagar Gaib

 

Mitos menanam bambu kuning di depan rumah yang pertama dipercaya sebagai pagar gaib. Bahkan bambu kuning bermanfaat sebagai pertahanan bagi yang menggunakan benda-benda yang bersifat mistis.

 

Selain itu berguna untuk menghindari serangan seperti pelet maupun santet. Biasanya sebagian orang menjadikan bambu kuning sebagai kursi atau pagar rumah.

 

Hal ini dilakukan agar penghuninya tidak mendapatkan gangguan ataupun kiriman dari orang-orang yang tidak menyukainya. Bahkan ada yang meyakini tanaman hias bambu kuning ini sebagai penetral energi negatif. Oleh sebab itu banyak orang yang sering menanamnya di depan rumah.

 

2. Penangkal Ular Gaib

 

Selain sebagai pagar gaib, mitos menanam bambu kuning juga dipercaya sebagai penangkal ular. Namun, jangan salah.

 

Ular yang dimaksud yakni ular yang dijadikan makhluk halus sebagai sebuah alat untuk menyakiti pemilik rumah.

 

Masyarakat percaya dengan menanam tanaman bambu kuning di depan rumah maupun di pekarangan dapat menjaga gangguan ular gaib. 

BACA JUGA: Mitos Goa Lawa di Purbalingga yang Kini Jadi Tempat Wisata, Konon Dulunya Persembunyian 2 Tokoh Besar Islam

BACA JUGA: Mitos Gunung Gajah di Pemalang, Konon Ada Kerajaan Siluman Binatang Terbesar dan Jelmaan Manusia Monyet

3. Jimat Keberuntungan 

 

Lalu menurut orang tua zaman dahulu, tanaman bambu kuning ini dapat digunakan sebagai jimat yang membawa keberuntungan. Namun bambu kuning yang digunakan tidaklah sembarangan melainkan bambu khusus yang dikenal dengan bambu kuning petuk.

 

Bahkan bambu kuning petuk ini sering kali diperjualbelikan dengan harga yang lumayan fantastis.

 

4. Mengusir Hantu

 

Mitos menanam bambu kuning berikutnya yakni mengusir hantu. Kekuatan dari bambu kuning dipercaya dapat menetralisir energi negatif menjadi positif.

 

Dengan menanam bambu kuning di depan rumah dipercaya manfaat ini dapat mengusir hantu atau makhluk halus.

 

5. Sebagai Simbol Kesuburan dan Kehidupan

 

Selain sebagai mengusir hantu, bambu kuning sering dianggap sebagai simbol kesuburan dan kehidupan yang berkelanjutan. Hal ini dikarenakan bambu kuning tumbuh dan berkembang biak secara cepat.

BACA JUGA: Nyaris Punah, Ini Mitos Burung Kepodang Emas dan Tradisinya pada Masyarakat Jawa

BACA JUGA: 5 Mitos Tentang Burung Tekukur, Pembawa Kerukunan hingga Kesialan

Selain itu di dalam berbagai tradisi, bambu kuning dianggap sebagai lambang pertumbuhan dan perkembangan yang positif, baik secara fisik maupun spiritual.

 

Demikian pembahasan mengenai mitos menanam bambu kuning yang kami rangkum untuk Anda. Apakah di rumah kamu juga menanamnya juga?

Sumber: