Sejarah Julukan Haven Zucker Kota Tegal yang Menjadi Permulaan Pelabuhan Tegal

Sejarah Julukan Haven Zucker Kota Tegal yang Menjadi Permulaan Pelabuhan Tegal

sejarah julukan haven zucker kota tegal--

TEGAL, radartegal.id- Kota Tegal ternyata tak hanya dikenal dengan aroma teh yang semerbak di setiap sudutnya, kota ini juga memiliki beberapa nama julukan yang unik dengan beberapa sejarah yang ikut menyertainya. Salah satu julukan unik kota tegal yaitu Haven Zucker.

Julukan Haven Zucker Kota Tegal ternyata berawal dari sektor pelabuhan yang berdiri disisi utara kota tegal. Kota Tegal menjadi daerah strategis pada masa kolonial. Pelabuhan Kota Tegal ini diyakini sudah berdiri sejak abad ke-15.

Kota Tegal adalah salah satu sentra produksi gula di Karesidenan Pekalongan, sehingga pelabuhan Tegal dijadikan tempat pengiriman gula menuju ke berbagai daerah di Hindia Belanda. Hal ini yang membuat julukan Haven zucker pada Kota Tegal.

Ingin tahu lebih dalam mengenai sejarah julukan Haven Zucker Kota Tegal?. Berikut informasinya simak sampai selesai.

BACA JUGA: Asal-usul Desa Selapura di Tegal, Konon Dilarang Membangun Pondasi Rumah dengan Bahan Batu

BACA JUGA: Tak Kalah dengan Nyi Roro Kidul, Pantura Tegal Juga Konon Dikuasai Nyi Rantamsari yang Cantik Jelita

Sejarah Julukan Haven Zucker Kota Tegal

                                    

Hal ini diambil dari catatan perjalanan seorang cendekiawan Portugis bernama Tome Pires. Saat itu Pires berkeliling dunia dalam usaha mengembangkan usaha perdagangnnya, termasuk singgah ke Pulau Jawa dan masuk ke daerah Tegal.

Dari catatan sejarah itulah menegaskan pelabuhan kota bahari sudah lama berdiri dan semakin ramai era Kerajaan Mataram yang dipimpin Sultan Agung. Pelabuhan Tegal bahkan menjadi penting di era tersebut, pada tahun 1628-1629 pernah menjadi lokasi penyuplai beras untuk kebutuhan perang.

Selain kapal-kapal dari Mataram, pelabuhan di utara jawa ini menjadi persinggahan untuk armada laut dari bangsa Belanda. Masuk ke abad ke-18, pelabuhan Tegal menjadi pusat kapal-kapal dagang dari berbagai negara untuk mengangkut banyak komoditas seperti Gula.

Bahkan pernah dijuluki sebagai Haven Zucker atau Pelabuhan Gula, karena saat itu digunakan untuk kegiatan ekspor gula. Peran pelabuhan ini menjadi penting karena saat itu di wilayah Tegal banyak berdiri pabrik gula.

BACA JUGA: Mitos Sosok Penunggu Danau Beko di Margasari, Tegal, Jelmaan Siluman yang Kerap Meminta Korban Jiwa

BACA JUGA: Tak Kalah dengan Nyi Roro Kidul, Pantura Tegal Juga Konon Dikuasai Nyi Rantamsari yang Cantik Jelita

Sumber: