Kenali Tanda Kampas Rem Mobil Habis, Hati-hati Bisa Ancam Keselamatan Berkendara Anda

Kenali Tanda Kampas Rem Mobil Habis, Hati-hati Bisa Ancam Keselamatan Berkendara Anda

Kenali Tanda Kampas Rem Mobil Habis, Keselamatan Berkendara Bisa Terancam!-desain by writer-freepik.com

Tanda tersebut sangat mudah dikenali karena pengendara dapat merasakan secara langsung saat berkendara. Di saat kampas rem menipis atau habis maka piston yang mendorong harus bergerak lebih dalam lagi.

Hal demikian dapat menyebabkan injakan pedal rem terasa dalam. Perlu diketahui bahwa injakan pedal rem yang dalam juga disebabkan oleh masalah pada master rem.

  • Pedal rem bergetar

Pedal rem yang bergetar sering dikenal sebagai tanda kampas rem mobil yang habis. Masalah ini disebabkan oleh permukaan yang tidak rata antara kampas rem atau bidang pengeremannya.

BACA JUGA:Anda Perlu Tahu! 5 Perawatan Mobill Setelah Turun Mesin Ini Harus Dilakukan Agar Mobil Kembali Prima

Penggantian kampas rem termasuk salah satu solusi selain melakukan re-matching. Getaran karena masalah seperti ini dapat dirasakan bahkan ketika pedal rem diinjak secara normal.

Hal tersebut yang membedakan dengan getaran yang disebabkan aktifnya system ABS. Getaran yang disebabkan oleh sistem ABS hanya muncul saat pedal rem diinjak sekuat tenaga secara mendadak.

  • Berkurangnya minyak rem

Tanda kampas rem mobil habis ialah volume minyak rem berkurang. Hal ini dapat terlihat pada tabung penampungnya yang berada pada ruang mesin.

Minyak rem pada mulanya berada di tabung penampung yang akan turun ke dalam selang. Hal tersebut terjadi seiring dengan menipisnya kampas rem dan makin dalamnya piston pendorong yang harus bergerak.

BACA JUGA:7 Tips Merawat Mobil Klasik, Kenangan Berkendara pada Masa Lalu Pasti Teringat Kembali

  • Pengereman tidak pakem

Akibatnya, kampas rem mobil yang telah habis akan membuat performa pengereman menurun atau tidak pakem. Dengan demikian, mobil membutuhkan jarak pengereman yang lebih jauh untuk dapat berhenti di satu titik.

Hal tersebut menjadi indikasi serius untuk melakukan pemeriksaan atau penggantian. Pasalnya risiko yang harus dihadapi cukup besar kedepannya.

Cara agar kampas rem mobil awet

Beberapa cara di bawah ini akan membantu Anda merawat kampas rem mobil agar lebih awet

  • Menghindari gaya berkendara yang agresif
  • Membersihkan rem dengan brake cleaner
  • Menggunakan kampas rem asli

Dengan demikian, itulah beberapa tanda kampas rem mobil habis dan Anda perlu segera untuk menggantinya. Kunjungi bengkel mobil terdekat untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut. (*)

Sumber: