Belum Banyak yang Tahu! Ternyata Ini Peran Sekretariat DPRD Kabupaten Tegal

Belum Banyak yang Tahu! Ternyata Ini Peran Sekretariat DPRD Kabupaten Tegal

Kabag Perundang-undangan Sekretariat DPRD Kabupaten Tegal saat menjadi pembicara dalam acara di stasiun radio--

SLAWI, radartegal.id - Mungkin belum banyak yang tahu apa saja peran Sekretariat DPRD Kabupaten Tegal. Ternyata, ada banyak peranannya, terutama dalam menunjang kegiatan di DPRD setempat.

Hal itu diungkapkan Kabag Perundang-undangan Sekretariat DPRD Kabupaten Tegal Munadi, S.Sos. Dirinya menyampaikan hal itu saat menjadi pembicara dalam bincang-bincang di salah satu stasiun radio belum lama ini.

Menurut Munadi, salah satu peran Sekretariat adalah sebagai pelayanan administrasi dan dukungan terhadap tugas dan fungsi DPRD. Dipimpin oleh sekretaris yang bertugas dan bertanggungjawab di bawah pimpinan DPRD tetapi, Pertanggungjawaban administrasi kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

"Salah satu tugas kami adalah memfasilitasi tugas anggota DPRD. Baik dalam kegiatan rutin, baik di kegiatan sehari-hari maupun tahunan," katanya.

Kegiatan itu, kata Munadi, seperti dalam rapat-rapat yang digelar DPRD. Dalam kegiatan itu, pihaknya memfasilitasi staff pendamping. 

"Ini diperlukan karena untuk mendampingi alat kelengkapan DPRD. Kemudian ada fasilitasi sarana dan prasarana, pengelolaan Keuangan dan administrasi Sekretariat DPRD serta peran lainnya," ujarnya.

Munadi menyebut, DPRD Kabupaten Tegal saat ini masih dalam kategori Tipe A dengan jumlah anggota 50 orang. Sementara untuk jumlah fraksinya ada 6, yakni PKB, PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, PPP Nurani Rakyat dan Demokrat Sejahtera.

Kemudian, ujar Munadi, ada 7 alat kelengkapan DPRD. Itu, terdiri dari pimpinan, komisi-komisi, badan anggaran (banggar) dan badan musyawarah (Bamus).

"Selain itu ada juga BK, Bapemperda dan kelengkapan lainnya yang dibutuhkan. Didalamnya Sekretariat selalu mendampingi," tandasnya.

Munadi menambahkan, anggota DPRD juga melakukan reses untuk bertemu dengan konstituennya. Sebagai salah satu media untuk penyaluran aspirasi dari masyarakat. 

Sumber: