Malam 1 Suro 2024, Inilah Tanggal, Mitos, dan Larangannya

Malam 1 Suro 2024, Inilah Tanggal, Mitos, dan Larangannya

Tanggal, Mitos, dan Larangan Malam 1 Suro--

Radartegal.id - Seperti tahun-tahun sebelumnya, malam 1 Suro 2024 mempunyai arti penting di masyarakat Jawa. Hari itu menjadi salah satu malam sakral bagi sebagian yang masih mempercayainya.

Malam 1 Suro memilki aura mistis bagi sebagian orang. Suro sendiri adalah bulan pertama dalam penanggalan Jawa.

Menurut berbagai sumber, peringatan 1 Suro dimulai sekitar tahun 1633 M, pada masa kerajaan Islam Mataram. Sistem penanggalan Islam Jawa diciptakan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma dengan menggabungkan perhitungan bulan (Komariah) dan Tahun Saka.

Kalender ini resmi digunakan di Kerajaan Islam Mataram pada tahun 1633. Tujuan diperkenalkannya bulan Suro oleh Sultan adalah untuk menyatukan masyarakat Jawa yang selama ini terpecah antara agama Kejawen dan Putihan (Islam).

BACA JUGA: 5 Tradisi Malam 1 Suro yang Unik dan Sakral di Jawa Tengah

BACA JUGA: Sejarah Candi Suroponolawean di Adiwerna Tegal, Saksi Peradaban Islam Pertama yang dibawa Bangsa Irak

Karena dianggap sebagai bulan suci, masyarakat Jawa kerap melakukan berbagai ritual dan upacara pada bulan Suro khususnya saat malam 1 Suro. Misalnya memandikan pusaka keluarga, mandi bunga, menghias kerbau putih, dan lain-lain.

Ritual malam 1 Suro yang dilakukan dipercaya membawa berkah. Hal ini karena adanya keyakinan bahwa bulan ini penuh dengan musibah sehingga harus diantisipasi. 

Banyak mitos seputar malam 1 Suro yang masih dipercaya hingga sekarang. Konon, bulan ini membawa sial bagi orang-orang yang melanggar banyak larangannya.

Pada tahun 2024 ini, malam 1 Suro jatuh pada malam Minggu, 7 Juli 2024. Selain itu pada malam ini disunnahkan untuk yang beragama Islam membaca doa akhir tahun dan awal tahun untuk diberi keselamatan dari malapetaka atau bencana. 


BACA JUGA: Menelusuri Mitos Waduk Gajah Mungkur pada Malam Satu Suro, Terdapat Seorang Gadis Bunuh Diri?

BACA JUGA: Selain Menikah, Ini Mitos Malam Satu Suro yang Tak Boleh Dilanggar agar Terhindar dari Kesialan

6 Mitos dan larangan malam 1 Suro

Sumber: