Jurnalis Diajak AHM Kenali Proses Daur Ulang Limbah Rumah Tangga untuk Wujudkan Green Kalcer

Jurnalis Diajak AHM Kenali Proses Daur Ulang Limbah Rumah Tangga untuk Wujudkan Green Kalcer

SAMPAH - Main dealer Astra Motor Jateng mengajak sejumlah jurnalis memprakytikan proses daur ulang limbah rumah tangga menjadi tambahan penghasilan.-foto; astra motor jateng/radartegal.disway.id-

SEMARANG, radartegal.id – Konsisten jalani Environmental, Social, and Governance (ESG) Mission, PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar kegiatan kepedulian lingkungan bertajuk Green Kalcer. Kegiatan ini dilakukan bersama seluruh jaringan main dealer motor Honda di Indonesia. 

Salah satu agendanya berlangsung, Kamis 4 Juli 2024, di mana AHM bersama beberapa jaringannya, termasuk Main Dealer Astra Motor Jateng menggelar “Proses Daur Ulang Limbah Rumah Tangga”. Kegiatan itu dilaksanakan hybrid dengan mengundang sejumlah jurnalis.

Dalam kesempatan itu, AHM menghadirkan RB Sutarno, penggiat lingkungan dan penerima Kalpataru pada tahun 2020, menjadi nara sumbernya. Setiap peserta mendapatkan edukasi penanganan limbah rumah tangga dan manfaat pengolahan sampah menjadi penghasilan tambahan. 

RB Sutarno menjelaskan bahwa pengolahan sampah bisa dilakukan dengan beberapa cara. Di antaranya tahu dan mengerti bagaimana pemilahan sampah rumah tangga, menggunakan metode komposting, maggot, biopori, atau eco enzyme.

Pengomposan sederhana limbah rumah tangga

Cara-cara ini dilakukan bekerjasama dengan bank sampah, dan pengangkutan sampah yang terjadwal. Bukan hanya diedukasi secara teori, Main Dealer Astra Motor Jateng juga menyediakan alat praktik agar jurnalis bisa mengikuti tutorial saat melakukan cara pengomposan sederhana.

Yakni menggunakan sekam, serbuk gergaji atau tanah, dan juga praktik eco enzyme yang bisa dimanfaatkan untuk membuat cairan pembersih atau sabun ramah lingkungan.

“Pengurangan sampah di sumber secara terpadu dan berkesinambungan akan menunjang penghijauan serta memperkuat ketahanan pangan masyarakat. Sehingga tercapai hidup sehat sejahtera. Upaya ini bukan hanya tugas instansi tertentu saja, tetapi kita semua termasuk swasta,” ucap Sutarno.

Administration and Finance Manager Astra Motor Jateng, I Nyoman Sukadana mengatakan Astra Motor Jateng telah bekerja sama dan melakukan pembinaan dengan bank sampah Semangat Sejahtera Kota Semarang dalam pengolahan sampah. Astra Motor Jateng sendiri telah memberikan beberapa bantuan sejumlah alat yang mendukung kegiatan pengolahan bank sampah tersebut. 

“Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, Astra Motor Jateng akan konsisten berkontribusi kepada Masyarakat salah satunya dibidang lingkungan. Pembinaan bank sampah ini tidak akan terhenti begitu saja tetapi akan terus berlanjut,” tutup Nyoman.

Sumber: