Mobil Jarang Digunakan Bisa Cepat Rusak Sejumlah Komponen, Niat Ngirit Malah Bikin Boncos

Mobil Jarang Digunakan Bisa Cepat Rusak Sejumlah Komponen, Niat Ngirit Malah Bikin Boncos

Komponen yang cepat rusak jika mobil jarang digunakan-freepik-

radartegal.id – Ada sederet komponen yang cepat rusak jika mobil jarang digunakan. Sejumlah kerusakan seperti ini akan membuat Anda jadi makin boros untuk membayar perbaikannya.

Komponen yang cepat rusak jika mobil jarang digunakan salah satunya yaitu sistem kelistrikannya. Sebagaimana yang diketahui, bagian ini penting dalam menjalankan semua fungsi yang ada pada kendaraan.

Sejumlah komponen yang cepat rusak jika mobil jarang digunakan bisa terjadi pada tipe atau model apapun. Maka dari itu jangan sampai kendaraan kesayangan Anda mengalami hal ini.

Selengkapnya di bawah beberapa komponen yang cepat rusak jika mobil jarang digunakan. Pastikan Anda menyimak ulasan ini sampai akhir.

BACA JUGA: Mengisi Daya HP di Power Outlet Mobil? 7 Hal Ini Mesti Dipertimbangkan untuk Jangka Panjangnya

Komponen yang cepat rusak jika mobil jarang digunakan

Mobil yang jarang dihidupkan atau digunakan bisa mengalami sejumlah kendala. Hal ini disebabkan adanya kerusakan atau degradasi ketika dibiarkan tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama. Berikut diantaranya komponen mobil yang mengalami masalah.

1. Baterai 

Khususnya pada mobil hybrid dan listrik, baterai mobil bisa kehilangan daya jika mobil dibiarkan tidak digunakan untuk waktu yang lama. Hal ini bisa menyebabkan baterai menjadi lemah atau mati sama sekali.

2. Ban 

Bagian mobil yang bisa rusak jika jarang digunakan selanjutnya yaitu ban. Ban mobil bisa mengalami flat spots atau retak jika mobil dibiarkan berdiri dalam posisi yang sama untuk jangka waktu yang lama. 

Kondisi ini bisa terjadi karena berat mobil menekan bagian yang sama dari ban terus menerus. Itulah mengapa kadang ban akan lebih cepat aus atau kempes saat kendaraan lama tidak digunakan.

BACA JUGA: Rahasia Menjaga Velg Mobil Tetap Kinclong Bebas Jamur dan Baret, Cukup Lakukan Ini

Sumber: