Kenali Tanda Kampas Rem Mobil Habis, Hati-hati Bisa Ancam Keselamatan Berkendara Anda

Kenali Tanda Kampas Rem Mobil Habis, Hati-hati Bisa Ancam Keselamatan Berkendara Anda

Kenali Tanda Kampas Rem Mobil Habis, Keselamatan Berkendara Bisa Terancam!-desain by writer-freepik.com

RADAR TEGAL - Banyak pemilik kendaraan terutama wanita yang masih kebingungan akan waktu yang tepat untuk mengganti kampas rem mobil Anda. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tanda kampas rem mobil habis.

Dengan mengetahui tanda kampas rem mobil habis maka Anda dapat melakukan penggantian. Umumnya, produsen mobil sudah menentukan jadwal penggantian setiap komponen dari kendaraan yang mereka buat.

Melansir situs web resmi PT Toyota, penggantian kampas rem direkomendasikan saat mobil memasuki jarak tempuh 60.000-70.000 km untuk transmisi manual. Meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan tanda kampas rem mobil habis.

Sedangkan pada mobil transmisi otomatis maka jadwal penggantiannya lebih cepat yaitu pada jarak tempuh 35.000 – 40.000 km. Hal tersebut disebabkan oleh sistem pengereman yang bekerja lebih keras, mengetahui tanda rem kampas mobil habis sangat diperlukan.

BACA JUGA:4 Jenis Velg Mobil yang Cocok untuk Modifikasi agar Tampilannya Makin Keren

Teknologi mobil masa kini

Para pabrikan menyadari pentingnya menjaga keselamatan produknya dengan memberikan teknologi terbaik. Pada tingkat dasar dengan melengkapi bagian pengereman pada kendaraan yang mereka luncurkan.

Hal tersebut terlihat jelas dari mayoritas mobil baru yang sudah dibekali Anti-lock Braking System (ABS) lengkap dengan Electronic Brake Distribution (EBD). Selain itu, juga dilengkapi dan Brake Assist (BA). 

Kehadiran system semacam itu akan membantu pengemudi untuk berkendara lebih aman. Hal itu juga menjadi kewajiban yang tidak boleh tertinggal dari perhatian pemilik kendaraan.

Tanda kampas rem mobil habis

Ada beberapa tanda kampas rem mobil habis yang dapat Anda pahami untuk selanjutnya Anda periksa mobil Anda jika mengalami keadaan serupa.

  • Rem mengeluarkan bunyi berdecit

Beberapa sumber mengatakan bahwa bunyi berdecit yang muncul saat melakukan pengereman sebagai bagian dari ciri kampas rem habis. Kemungkinan tersebut terjadi dan pemilik dapat menjadikan hal ini sebagai peringatan dini.

BACA JUGA:6 Komponen Penting dalam Mobil yang Wajib Diperhatikan saat Musim Panas di Indonesia, Catat Poinnya!

Namun, bunyi yang muncul saat melakukan pengereman dapat disebabkan kotoran yang menumpuk. Maka dari itu, Anda harus memeriksanya secara langsung atau membawa ke bengkel terdekat.

  • Injakan pedal rem lebih dalam dari sebelumnya

Sumber: