2 Mitos Awatara Wisnu di Candi Penataran, Konon Arcanya Jadi Penangkal Musibah

2 Mitos Awatara Wisnu di Candi Penataran, Konon Arcanya Jadi Penangkal Musibah

Arca Penangkal Musibah di Candi Penataran: Arca yang Diduga Awatara Wisnu dalam Bentuk Rama Parasu --

Sementara itu, kisah Kresnayana, menceritakan kisah cinta antara awatara kedelapannya, yakni Kresna, dengan istrinya, Rukmini, yakni inkarnasi Dewi Lakshmi, atau dikenal juga sebagai Dewi Sri.

BACA JUGA:Relief Penuh Dualisme, Inilah 3 Kisah Magis Era Akhir Majapahit di Candi Surowono

2. Rama Parasu penangkal musibah

Di depan Candi Angka Tahun, ada arca dewata yang masih belum teridentifikasi sosoknya. Namun, arca ini memegang aksamala dan kapak.

Di sebelahnya, terdapat arca dewi yang memegang aksamala dan tanaman sejenis padi, diduga Dewi Sri. 

Maka, diduga arca misterius tadi adalah arca Awatara Wisnu dalam bentuk Rama Parasu atau Parasurama yang memegang kapak. Awatara ini hidup pada zaman Tretayuga.

Rama Parasu dikenal sebagai awatara yang memusnahkan kaum kesatria, karena peperangan yang mereka kobarkan menyebabkan dunia menjadi tidak seimbang.

BACA JUGA:3 Mitos Candi Sukuh, Konon sebagai Ruwatan Majapahit Pasca Perang Paregreg

Jika benar arca itu adalah Rama Parasu Awatara, dengan posisi di Mandala Jaba, maka seolah-olah arca ini sedang menjaga candi dari kerusakan akibat perang. 

Diduga ini masih terkait dengan perang saudara yang berkobar di Majapahit. Perang Paregreg ini terjadi antara Bhre Wirabumi, putra Hayam Wuruk, dan Prabu Wikramawardhana, menantu Hayam Wuruk. 

Demikian, informasi mengenai Candi Penataran yang punya arca penangkal musibah. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin tahu tentang mitos dan kisah mistis di Indonesia, tepatnya di tanah Jawa.***

Sumber: youtube asisi channel