Mitos Memelihara Ayam Cemani yang Kerap Digunakan untuk Ritual, Ternyata Punya Rahasia Ini

Mitos Memelihara Ayam Cemani yang Kerap Digunakan untuk Ritual, Ternyata Punya Rahasia Ini

MITOS - mitos memelihara ayam cemani sering dikaitkan dengan dukun dan ilmu hitam--

radartegal.id - Pernah melihat ayam cemani? Nah, ayam ini ternyata memiliki mitos ketika memeliharanya sering dikaitkan dengan dukun dan ilmu hitam. Salah satunya sebagai peraktek media santet yang sering berkembang di tanah Jawa ini.

Mitos memelihara ayam cemani sudah ada sejak zaman dahulu dan dipercayai masyarakat sekitar, banyak warga yang mempercayai mitos ini sebagai praktek ilmu hitam. Sehingga jarang sekali ayam ini terlihat di pekarangan rumah.

Meskipun mempunyai mitos yang kental dengan ilmu hitam karena warna bulunya berwarna hitam, ayam ini memiliki nilai eksotis tersendiri. Banyak yang memeliharanya karena keunikan yang berbeda dari ayam pada umumnya.

Berikut mitos memelihara ayam cemani di sekitaran rumah karena dipercayai sebagai praktek dukun untuk media santet dan ilmu hitam. Meskipun kebenarannya belum dipastikan. Simak sampai selesai.

BACA JUGA: 5 Mitos Menanam Bambu Kuning di Depan Rumah, Benarkah Ampuh sebagai Penangkal Makhluk Halus?

BACA JUGA: 7 Mitos Seputar Ular Weling, Apakah Benar Merupakan Wujud Reinkarnasi Leluhur?

Mitos memelihara ayam cemani

1. Syarat untuk melakukan ritual gaib

Jika ada seseorang yang hendak melakukan ritual gaib berupa kesepakatan atau ilmu hitam lainnya, memelihara ayam cemani acap kali dibawa sebagai salah satu syarat.

Secara turun-temurun, ayam cemani sejak dahulu dapat digunakan untuk ritual pemanggilan jin, pembangunan gedung, bahkan pesugihan. Konon katanya, ini dikarenakan ayam cemani yang hitam legam sehingga membuatnya cocok menjadi syarat sesajen.

2. Ayam pembawa sial

Orangtua zaman dahulu percaya bahwa jika ada yang hanya ingin memelihara ayam cemani tanpa tujuan lain, maka akan mendatangkan kesialan bagi sang pemilik.

Kepercayaan itu didasarkan pada warna ayam cemani serta segala hal tentang hewan ini selalu dikaitkan dengan hal magis sehingga bisa mendatangkan kesialan. Bukan hanya apes, ayam cemani juga dipercaya dapat menarik makhluk halus untuk datang ke rumah sang pemilik.

Sumber: