Mitos Raja Gunung di Candi Penataran, 2 Raja Ini Diyakini sebagai Jelmaannya

Mitos Raja Gunung di Candi Penataran, 2 Raja Ini Diyakini sebagai Jelmaannya

Mitos Raja Gunung atau Dewa Siwa di Candi Penataran--

RADAR TEGAL - Dalam agama Hindu, Gunung Mahameru, menjadi tempat bersemayam Dewa Siwa, yakni Bathara Girinatha atau Raja Gunung. Salah satunya di Gunung Kelud, lokasi Candi Penataran

Candi Penataran dibangun oleh lima raja dari kerajaan besar di Nusantara. Konon, dua di antaranya adalah jelmaan dari Bathara Girinatha, yakni Raja Kertajaya dan Raja Hayam Wuruk. 

BACA JUGA:Candi Penataran Dijuluki Candi Negara, Ternyata Dibangun oleh 5 Raja Ini

Bahkan, Candi Penataran sendiri diyakini sebagai tempat penyatuan mereka dengan Bathara Girinatha. Karena itu, selain sebagai peredam amukan Gunung Kelud, candi ini juga menjadi sarana pemujaan Sang Hyang Ancalapati atau Dewa Siwa.

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal salah satu candi yang terkenal di Indonesia, tepatnya di tanah Jawa. Melansir dari kanal youtube ASISI Channel berikut informasi mengenai mitos 2 raja pembangun Candi Penataran sebagai jelmaan Raja Gunung. 

BACA JUGA:3 Bangunan Suci di Gunung Sindoro, Bukti Wilayah Perdikan Jawa Kuno

Mitos 2 jelmaan Raja Gunung di Candi Penataran

1. Raja Hayam Wuruk dari Majapahit

Pada tahun 1334 M, Gunung Kelud meletus hebat. Momen itu bersamaan dengan lahirnya Raja Hayam Wuruk. 

Karena itu, Prapanca mencatat letusan ini sebagai pertanda jelmaan Bathara Girinatha, atau Raja Gunung, atau Dewa Siwa, lahir ke bumi sebagai Raja Hayam Wuruk.

Ini adalah cerminan konsep dewaraja, yang berakar pada hubungan makrokosmos atau alam raya, dengan mikrokosmos atau manusia. Di mana mikrokosmos adalah bayangan dari makrokosmos.

Dalam makrokosmos, penguasa alam adalah Bathara Girinatha. Sementara itu, dalam mikrokosmos, penguasa manusia adalah Raja Hayam Wuruk.

BACA JUGA:Relief Penuh Dualisme, Inilah 3 Kisah Magis Era Akhir Majapahit di Candi Surowono

Bisa dibilang, Raja Hayam Wuruk adalah bayangan dari Bathara Girinatha. Maka, ketika Hayam Wuruk beribadah di candi ini, diduga yang terjadi adalah penyatuan antara sang raja dengan Bathara Girinatha, laksana bayangan yang menemukan objek aslinya.

Sumber: youtube asisi channel