6 Orang yang Rentan Jadi Korban Pinjol, Mulai dari Gen Z sampai Pemilik Skor Kredit Buruk

6 Orang yang Rentan Jadi Korban Pinjol, Mulai dari Gen Z sampai Pemilik Skor Kredit Buruk

6 orang yang rentan jadi korban pinjol-freepik-

BACA JUGA: 5 Cara Membedakan Pinjol Resmi dan Ilegal agar Lebih Meyakinkan, Pemula Wajib Ikuti Tipsnya

BACA JUGA: 6 Pinjol Semi Legal Sudah Berizin OJK, Tapi Belum Punya DC Lapangan Terbaru Juni 2024

3. Wiraswasta dan Pengusaha Kecil 

Orang yang rentan jadi korban pinjol lainnya yaitu pengusaha kecil atau UMKM. Mereka biasanya perlu dana cepat untuk pengembangan usaha yang dimiliki.

Apalagi kini banyak pinjol yang menawarkan pinjaman khusus UMKM dengan syarat lebih mudah dibanding bank. Ditambah lagi limit yang ditawarkan cukup tinggi, bunga kompetitif, serta fleksibilitas lainnya yang makin menarik para pengusaha kecil.

4. Pelajar atau Mahasiswa 

Masih berkaitan dengan anak-anak muda, pelajar termasuk orang-orang yang mudah terjerat pinjol. Ditambah lagi saat ini ada beberapa pinjol yang menawarkan pinjaman khusus untuk dana pendidikan yang makin menarik para pelajar.

5. Pemilik Kredit Buruk

Para pemilik kredit buruk juga sering menggunakan pinjol sebagai solusi paling efektif untuk mendapatkan uang. Biasanya orang-orang terkendala riwayat kredit ini akan sulit mendapatkan pinjaman di bank atau lembaga keuangan sejenis.

BACA JUGA: Sudah Lunas Tagihan Pinjol Kok Masih Ditagih DC Lapangan? Bisa Jadi Penipuan Loh

BACA JUGA: 6 Kerugian Menggunakan Joki Galbay Pinjol yang Bisa Menyesatkan untuk Jangka Panjang

Namun, ada juga beberapa pinjol yang mengecek riwayat kredit peminjamnya sebelum menyetujui pinjaman. Satu-satunya yang tidak perlu pemeriksaan kredit hanya pinjaman online yang ilegal alias belum resmi terdaftar OJK.

6. Kelompok yang Perlu Dana Cepat

Orang yang rentan jadi korban pinjol lainnya yaitu bagi orang-orang yang perlu dana cepat dalam hitungan menit. Keunggulan pinjol yaitu bisa memberikan uang dalam waktu singkat dengan syarat yang mudah.

Sumber: