4 Jemaah Haji Brebes Meninggal di Tanah Suci Makkah Akibat Suhu Ekstrem yang Terlalu Panas

4 Jemaah Haji Brebes Meninggal di Tanah Suci Makkah Akibat Suhu Ekstrem yang Terlalu Panas

SAMBUT - Ratusan jemaah haji asal Brebes mendapat sambutan penuh haru saat bertemu kembali dengan keluarga di Islamic Centre, Senin, 1 Juli dini hari. Diketahui 4 jemaah haji Brebes meninggal dunia dan dimakamkan di tanah suci.-Syamsul Falak-Radartegal.disway.id

BREBES, radartegal.id- Suhu ekstrem di tanah suci yang terlalu panas rupanya berdampak pada kesehatan jemaah haji Indonesia.  Sebanyak 4 jemaah haji Brebes meninggal selama rangkaian proses ibadah haji 2024. 

Selain faktor usia, suhu ekstrem di tanah suci yang sangat panas juga diduga menjadi pemicunya. Karena ada jemaah haji Brebes yang meninggal, daftar total 1.052 jemaah yang kembali ke tanah air berkurang. 

Hal ini seperti diungkapkan Ketua Panitia Fasilitas Penyelenggara Ibadah Haji (PFPIH) Kabupaten Brebes Akrom Jangka Daosat.

”Seluruh jemaah haji asal Kabupaten Brebes, yang terbagi dalam 4 kloter semuanya sudah sampai dan dijemput keluarga masing-masing. Namun, 4 jemaah meninggal sudah dimakamkan di tanah suci,” terangnya saat ditemui di kompleks Islamic Centre, Senin , 1 Juli 2024.

BACA JUGA: 359 Orang Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Solo Tiba di Tanah Air, Pj Gubernur Jateng: 37 Meninggal Dunia

BACA JUGA: 1.052 Calon Jemaah Haji Asal Brebes Mulai Diberangkatkan, Tertua 92 Tahun dan Termuda 20 Tahun

Menurut Akrom, perbedaan suhu panas signifikan, menjadi salah satu pemicu menurunnya daya tahan tubuh jemaah haji lansia asal Brebes. Hingga akhirnya ada jemaah haji Brebes yang meninggal dunia.

Apalagi, tahun ini suhu di Arab Saudi sekarang mencapai 51 derajat Celcius. Kondisi itu, lebih panas dibandingkan tahun kemarin yang hanya berkisar 43-44 derajat Celcius.

Dengan daya dan kekuatan terbatas, berdampak pada kondisi kesehatan jemaah haji lansia Brebes selama beraktivitas. Karenanya, dari total 1.052 jemaah haji Brebes yang menjalankan ibadah haji, jumlahnya berkurang 4 jemaah haji Brebes yang meninggal di tanah suci.

”Kepada keluarga 4 jamaah haji yang meninggal, kami mewakili Pemkab Brebes beserta rombongan turut berduka cita. Semoga keluarga diberikan keikhlasan dan kekuatan, karena semua sudah menjadi takdir Allah SWT,” ujarnya.

BACA JUGA: Buntut Kerusakan Mesin Pesawat Jemaah Haji Kloter 5, Garuda Indonesia Dapat Teguran Keras

BACA JUGA: Tidak Buang Air Kecil saat Beribadah, Jemaah Haji Jangan Senang Dulu

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Brebes Komisi IV Nizwar Alfisyahrin menyampaikan selamat datang kembali ke Kabupaten Brebes kepada semua jemaah haji. Bahkan, pihaknya juga menyampaikan ungkapan bela sungkawa atas 4 jemaah haji Brebes yang meninggal dunia. 

Sumber: