Menikmati Sensasi Sate Domba Sakub di Brebes, Tonjolkan Rasa Khas Rempah yang Enak Saat Dimakan

Menikmati Sensasi Sate Domba Sakub di Brebes, Tonjolkan Rasa Khas Rempah yang Enak Saat Dimakan

Sate Domba Sakub bisa dijadikan kulineran khas Brebes.(Istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Selain terkenal dengan telur asin dan bawang merah, Kabupaten Brebes juga memiliki kuliner yang unit dan patut dicoba. Yakni, sate Domba Sakub dari peternakan yang berada di Kaki Gunung Slamet tepatnya di Brebes.

Dengan tekstur daging domba yang empuk dan lembut menjadikan makanan ini patut dicoba bagi pecinta kuliner, khususnya sate. Apalagi daging domba sakub juga tidak berbau prengus yang menambah rasa lezat.

Peternakan domba sakub sendiri bwrada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Di Brebes sekarang ini sudah banyak yang mengembangkan domba jenis ini. 

Domba sakub sendiri merupakan hasil persilangan domba jenis Texel, Sulfok, Marino dan Lokal. Domba ini juga memiliki ukuran yang cukup besar. Serta bobit yang lebih besar dibandingkan dengan domba jenis lainnya.

BACA JUGA: Resep Sate Kambing Tegal Asli dan Cara Membuatnya Anti Bau Prengus, Rasanya Lezat Cocok untuk Idul Adha

BACA JUGA: Nikmatnya Sate Blengong Khas Tegal, Warung Mba Yati jadi Rekomendasi Utama yang Wajib Dikunjungi

Oleh karena itu, wajar jika domba jenis ini memiliki potensi yang sangat baik. Khusunya di bidang kuliner. Salah satunya bisa dijadikan kuliner sate maupun masakan daging lainnya. Seperti tengkleng domba.

Salah satu warung makan yang menyediakan sate domba sakub yaitu berada di Desa Kretek, Kecamatan Paguyangan. Warung ini audah banuak pengunjung yang ingin membeli sate domba sakub. Apalagi lokasinya di jalur menuju obyek wisata di Kaki Gunung Slamet yang berada di Brebes.

Dalam proses pembuatannya sendiri, hampir sama dengan proses sate pada umumnya. Setelah dibakar di bara api dan matang, sate ini kemudian disajikan di atas teflkn dan siap disajikan.

Salah seorang penikmat sate domba sakub Akmari mengaku menikmati sate domba sakub ini. Dengan bumbu rempah-rempah masakan inj jadi favorit setiap penikmatnya. Terutama penikmat sate. “Dagingnya tidak bau prengus, jadi enak saat dimakan,” ungkapnya kepada awak media.

BACA JUGA: 5 Warung Sate Kambing Muda di Tegal yang Gak Pernah Sepi, Rasanya Bikin Pengin Mampir Tiap Hari

BACA JUGA: 11 Makanan Lezat Khas Tegal yang Terkenal Selain Sate Kambing Muda, Wajib Dicoba saat Mampir

Sementara itu, pengelola usaha kuniner sate domba sakub mengakui kalau bisnis kuliner ini cukup menjanjikan. Karena daging dimba sakub bisa dimasak dengan umur 7 bulan. Dan berat badan hida mencapai 26 kilogram (Kg).

“Kalau domba biasa ukurannya bisa sekitar 1t kilogram dengan usia yang sama. Jadi secara hitung-hitungan bisnis kuliner ini memiliki keunungan yang cukup banyak,” ungkapnya kepada wartawan.

Sumber: