Sejarah Waduk Cacaban Tegal dan Misteri 3 Makhluk Gaib yang Minta Tumbal

Sejarah Waduk Cacaban Tegal dan Misteri 3 Makhluk Gaib yang Minta Tumbal

Kisah Misteri dan Mitos Waduk Cacaban Tegal--

KEDUNGBANTENG, radartegal.id- Waduk Cacaban adalah sebuah bendungan yang terletak di Kecamatan Kedung Banteng Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Sejarah Waduk Cacaban Tegal tidak terlepas dari sosok Presiden Soekarno yang meresmikannya pada tahun 1952.

Waduk ini diperkirakan memiliki luas area mencapai 928 hektare dan berisi air sebanyak 90 juta meter kubik. Di luar sejarah Waduk Cacaban Tegal yang menarik, waduk ini memiliki latar belakang pemandangan hutan dengan panorama alam yang indah.

Sejarah Waduk Cacaban Tegal sendiri dimulai sejak tahun 1914, saat mulai dibangun. Waduk ini tidak hanya berfungsi untuk mengairi sawah-sawah di sekitarnya, tetapi juga sekarang difungsikan sebagai objek tempat wisata.

Lalu, seperti apa sebenarnya sejarah Waduk Cacaban Tegal ini? Benarkah ada sosok makhluk gaib yang kerap meminta tumbal manusia? Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Mantap Nih! Objek Wisata Waduk Cacaban Kabupaten Tegal Dicanangkan sebagai Zona KHAS

 

BACA JUGA: Bikin Penasaran! Benarkah Waduk Cacaban Tegal Dulunya Sebuah Desa? Ini Sejarahnya

Sejarah Waduk Cacaban Tegal 

Tempat wisata ini sudah cukup popular di telinga masyarakat Tegal dan sekitarnya. Setiap tempat wisata tentunya memiliki kisah dan sejarahnya sendiri.

Selain terkait dengan proses pembangunannya, sejarah Waduk Cacaban Tegal tidak bisa lepas dari cerita-cerita misterius dan sosok gaib yang konon dipercaya masyarakat sekitar mendiami objek wisata tersebut. Menurut sejarahnya, Waduk Cacaban dulunya berfungsi sebagai sumber mata air bagi warga sekitar guna mengairi sawah mereka hingga seiring berjalannya waktu, waduk ini dijadikan objek wisata.

Dahulu sebelum tahun 2002, ada sejarah Waduk Cacaban Tegal tentang sejumlah orang yang sengaja memaksa masuk ke waduk tersebut dan enggan membayar biaya retribusi. Namun tragisnya orang orang tersebut berakhir meninggal dunia di sana.

Hal yang membuat aneh adalah, sebelum terjadinya kejadian itu, juru kunci dari Waduk Cacaban mengaku bermimpi bahwa akan ada 3 orang yang akan meninggal di waduk tersebut. Akhirnya sang juru kunci melakukan sebuah ritual.

BACA JUGA: GAWAT! Debit Air Waduk Cacaban Turun Drastis, Puso Ancam Petani Padi Kabupaten Tegal

Sumber: