5 Penyebab Jerawat Tambah Banyak Ternyata Jarang Ada yang Tahu, Ini Rahasianya

5 Penyebab Jerawat Tambah Banyak Ternyata Jarang Ada yang Tahu, Ini Rahasianya

JERAWAT MUKA - Dengan mengetahui penyebab jerawat tambah banyak ini, Anda bisa mengurangi penyebab jerawat tumbuh dan mengurangi risiko hal yang tidak diinginkan.-freepik-

Tanpa sadar, seseorang bisa menyentuh wajah lebih dari 16 kali dalam satu jam, padahal kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan kulit. Jari-jari tangan adalah medium paling mudah untuk memindahkan kotoran dan bakteri. 

Menyentuh wajah dengan tangan kotor bisa menyebabkan kotoran menempel dan menjadi bibit jerawat. Jika ada jerawat yang sudah ada dan disentuh, kemudian menyentuh area wajah lainnya, bakteri dan kotoran bisa tersebar. 

Maka, selalu cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas serta sebelum menyentuh wajah. Ini merupakan salah satu penyebab jerawat tambah banyak.

BACA JUGA: 4 Cara Mengatasi Jerawat Hormonal, Tidur Berkualitas Salah Satunya

BACA JUGA: Tak Sekadar Menghaluskan Kulit dan Hempaskan Jerawat, Ini 5 Manfaat Retinol untuk Wajah

Kurang tidur

Menonton drama sampai larut malam atau mengacaukan jadwal tidur bisa memperparah jerawat. Waktu tidur malam adalah saat tubuh beristirahat dan memperbaiki bagian yang rusak. Kurang tidur dapat mengganggu kestabilan produksi hormon. 

National Sleep Foundation merekomendasikan waktu tidur minimal 7 hingga 9 jam setiap malam. Kurang tidur juga dapat membuat tubuh lebih mudah lelah dan memicu jerawat.

Makanan pemicu jerawat

Makanan berminyak, manis, olahan susu, dan camilan seperti keripik dapat memicu timbulnya jerawat. Peningkatan kadar insulin dan glukosa dalam tubuh bisa memicu jerawat.

Hindari makanan seperti keripik kentang, roti, dan makanan dengan pemanis buatan jika ingin mencegah jerawat.  Yogurt, keju, dan olahan susu lainnya yang mengandung asam amino juga bisa menyebabkan kelenjar minyak lebih aktif dan memicu jerawat. 

Makanan yang sering dianggap sebagai pemicu jerawat adalah kacang, padahal kacang kaya akan omega-3 yang dapat mengurangi peradangan di sekitar kelenjar minyak. Ikan juga baik untuk dikonsumsi agar terhindar dari jerawat.

Sumber: