7 Culture Shok Perbedaan Budaya Tegal dan Jogja, Mirong Aja Berbeda

7 Culture Shok Perbedaan Budaya Tegal dan Jogja, Mirong Aja Berbeda

BUDAYA - Perbedaan budaya Tegal dan Jogja bukan lagi menjadi penghalang, melainkan jembatan untuk saling mengenal dan memperkaya diri dengan budaya suatu daerah.-freepik-

TEGAL, radartegal.id - Apa saja perbedaan budaya Tegal dan Jogja? Indonesia, dengan kekayaan budayanya, memiliki berbagai tradisi dan kebiasaan yang unik di setiap daerahnya. 

Dua kota yang memiliki perbedaan budaya mencolok adalah Tegal dan Yogyakarta (Jogja). Perbedaan budaya Tegal dan Jogja ini merupakan salah satu warisan budaya lokal yang harus di lestarikan.

Perbedaan perbedaan budaya Tegal dan Jogja ini terlihat dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, mulai dari cara berkondangan hingga kuliner, dan sering kali menyebabkan culture shock bagi pendatang. 

Dikutip dari jogja.disway.id dan beberapa web. Mari kita telusuri lebih dalam perbedaan budaya antara Tegal dan Jogja dalam beberapa aspek penting. Simak ulasan lebih lanjut berikut ini.

BACA JUGA: Sejarah Nasi Ponggol Tegal, Pan Tuku Pirang Pincuk Mas?

BACA JUGA: 5 Hal Menarik Tentang Tegal, dari Nama Desa-desanya yang Unik hingga Tradisinya

Culture shock Tegal dan Jogja

1. Kondangan

Di Tegal, tradisi kondangan (pesta pernikahan) memiliki ciri khas tersendiri. Tamu undangan biasanya disambut dengan welcome drink dan makanan ringan yang disajikan di atas cawan kecil sebelum mereka masuk ke lokasi resepsi. 

Ini memberikan kesan hangat dan ramah kepada tamu. Sebaliknya, di Jogja, pesta pernikahan lebih sering diselenggarakan dengan gaya prasmanan atau piring terbang, mirip dengan tradisi kondangan di Solo. 

Prasmanan memungkinkan tamu untuk memilih makanan sesuai selera mereka, sementara piring terbang menyajikan makanan secara bergiliran.

2. Soto

Soto adalah salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki berbagai variasi di setiap daerah. Di Tegal, soto memiliki warna kecokelatan karena penggunaan tauco, bumbu khas yang terbuat dari fermentasi kedelai. 

Sumber: