Ribuan Pelayat Memenuhi Jalanan, Puncak Prosesi Pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi Hari Ini

Ribuan Pelayat Memenuhi Jalanan, Puncak Prosesi Pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi Hari Ini

Ribuan pelayat memadati jalanan saat prosesi pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi--

Radartegal.id- Prosesi pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi dimulai di hari Selasa 21 Mei 2024. Diketahui rangkaian prosesi akan digelar selama beberapa hari di beberapa kota di Iran, hingga Presiden Iran Ebrahim Raisi dimakamkan.

Puluhan ribu pelayat menggunakan baju serba hitam memenuhi jalanan di Iran. Presiden Iran Ebrahim Raisi dikabarkan akan dimakamkan di Mashhad yang merupakan kampung halamannya pada Kamis 23 Mei 2024.

Dari Teheran, jenazah akan dipindahkan ke Provinsi Khorasan Selatan sebelum dipindahkan ke kota asal Presiden Iran Ebrahim Raisi. Ia akan dimakamkan pada Kamis malam setelah upacara pemakaman di kuil Imam Reza.

Di pusat kota, orang-orang yang memegang foto Presiden Iran Ebrahim Raisi berkumpul di dalam dan sekitar Universitas Teheran. 

Pemimpin tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei diperkirakan akan memimpin salat jenazah, berdoa berjamaah di Teheran setelah prosesi lainnya di kota suci Qom. 

BACA JUGA: Reaksi Dunia Atas Meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi, China Sebut Kematian Tragis

BACA JUGA: Apa yang Akan Terjadi Usai Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal Dunia? Nasib Israel di Ujung Tanduk

Di jalanan ibukota, terdapat banyak spanduk-spanduk besar memuji mendiang Presiden Iran Ebrahim Raisi sebagai “martir pelayan”. Sementara spanduk-spanduk lain mengucapkan “selamat tinggal kepada pelayan orang-orang yang kurang beruntung”.

Khamenei yang merupakan memegang kekuasaan tertinggi di Iran telah menyatakan lima hari berkabung nasional. Selain itu ia juga menunjuk wakil Presiden Mohammad Mokhber, 68 tahun, sebagai presiden sementara hingga pemilihan pengganti Presiden Iran Ebrahim Raisi pada 28 Juni mendatang.

Kepala staf angkatan bersenjata Mohammad Bagheri telah memerintahkan penyelidikan atas penyebab jatuhnya helikopter tersebut. 

Presiden Iran Ebrahim Raisi dipilih sebagai Presiden pada tahun 2021, menggantikan Hassan Rouhani yang moderat pada saat perekonomian terpuruk oleh sanksi AS yang dikenakan aktivitas nuklir Iran.

BACA JUGA: Dampingi Presiden Jokowi Groundbreaking Paralympic Training Center, Pj Gubernur Bilang Begini

BACA JUGA: Mendarat di Stadion Yos Sudarso, Presiden Jokowi Membagikan Sembako ke Warga di Tegal

Sumber: