Reaksi Dunia Atas Meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi, China Sebut Kematian Tragis

Reaksi Dunia Atas Meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi, China Sebut Kematian Tragis

Inilah reaksi pemimpin dunia atas meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi--

Radartegal.id- Para pemimpin dunia telah menyampaikan belasungkawa mereka atas meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter. Penyebab kecelakaan tersebut diketahui karena kondisi cuaca yang buruk.

Tim evakuasi mulai mencari jatuhnya helikopter yang ditumpangi Presiden Iran Ebrahim Raisi dan sembilan pejabat lainnya. Salah satunya yakni Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian hilang di wilayah pegunungan barat laut Iran dekat perbatasan Azerbaijan.

Pada Senin 20 Mei pagi, tim evakuasi menemukan puing-puing helikopter yang terbakar di lereng gunung. TV pemerintah melaporkan bahwa jenazah Presiden Iran Ebrahim Raisi dan penumpang lainnya telah diidentifikasi.

Mendengar kabar meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi, berikut ini adalah beberapa reaksinya dari seluruh pemimpin dunia:

BACA JUGA: Apa yang Akan Terjadi Usai Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal Dunia? Nasib Israel di Ujung Tanduk'

BACA JUGA: Dampingi Presiden Jokowi Groundbreaking Paralympic Training Center, Pj Gubernur Bilang Begini

1. Presiden Indonesia Joko Widodo

Presiden Indonesia Joko Widodo menyampaikan mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi. 

“Innalillahi wa inna ilahi rajiun.. Doa tulus saya panjatkan bagi keluarga yang ditinggalkan dan masyarakat Iran,” Kata Jokowi di dalam unggahan ke media sosial X, pada 20 Mei 2024.

2. Presiden China

Presiden Xi Jinping menyebutkan sebagai “kematian tragis” Presiden Iran Ebrahim Raisi sebagai “kerugian besar bagi rakyat Iran dan rakyat Tiongkok telah kehilangan seorang teman baik”, menurut Kementerian Luar Negeri Tiongkok.

3. Presiden Azerbaijan

Presiden Azerbaijan yakni Ilham Aliyev mengucapkan belasungkawa dan doanya atas tragedi yang menewaskan Presiden Iran. 

Sumber: