PPDB di Brebes Mulai Dibuka, Sekolah Favorit Masih Jadi Incaran Para Orang Tua

PPDB di Brebes Mulai Dibuka, Sekolah Favorit Masih Jadi Incaran Para Orang Tua

Sudah sejak pagi hari, calon penserta didik baru mendaftar di salah satu SMP favorit di Brebes.(istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Brebes sudah mulai dibuka. Bahkan, sejumlah sekolah favorit di Kabupaten Brebes sudah mulai membuka pendaftaran dan rampai pendaftar.

 

Untuk diketahui, pendaftaran PPDB tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) mulai dibuka dari tanggal 24-27 Juni 2026. Namun , dihari pertama pendaftaran, Senin, 23 Juni 2024 ratusan calon peserta didik baru SMP dan orang tuannya sudah mendatangi sekolah sejak subuh.

 

Salah satu sekolah SMP favorit yang ramai pendaftar yakni SMP Negeri 1 Brebes. Sejak pagi hari, banyak orang tua yang membawa anaknya yang akan melanjutkan ke jenjang sekolah menengah pertama. Bahkan, calon peserta didik baru dan orang tuanya itu sudah menunggu di gerbang pintu sekolah sejak Subuh, meski pendaftaran PPDB mulai dibuka pukul 08.00 WIB.

 

Salah seorang calon wali murid yang mengantarkan anaknya untuk mendaftar yakni Permana (49). Dia mengaku, mengantarkan anaknya yang akan mendaftar PPDB online sejak Subuh, dikarenakan kahwatir banyaknya calon peserta didik yang mendaftar. Sehingga proses pendaftaranya akan lama dan mengantri.

 

BACA JUGA: Jelang PPDB, Anggota DPRD Brebes Minta Pemkab Lakukan Ini

 

BACA JUGA: Komisi I DPRD Kota Tegal Minta Pelaksanaan PPDB Dilaksanakan Sesuai Aturan

 

"Saya kahwatir hari ini gak bisa mendaftarkan anaknya. Apalagi pendaftaran hari ini dibatasi jam 12 siang," ungkapnya.

 

Dia menuturkan, dengan sistem PPDB online, dirinya mengalami kendala. Diantaranya yakni dengan adanya jaringan internet yang jelek sehingga mempengaruhi proses saat pendaftaran secara online.

 

"Beruntungnya pihak sekolah membantu para calon peserta didik, termasuk kami dipandu saat pembuatan akun," tuturnya.

 

Sementara Kepala SMP Negeri 1 Brebes, Dharma Suhaeri mengatakan, bahwa calon peserta didik yang merasa kesulitan saat proses pendaftaran PPDB online, pihaknya tetap akan membantu. Yaini dengan membantu proses pendaftaran kepada calon peserta didik yang mendaftar.

 

"Mohon maaf, apalagi tidak semua orang tua dari calon peserta didik, paham soal internet dan juga kendala lainnya yakni jaringan internet yang kuotanya minim. Kami pandu agar proses pendaftaran tidak kesulitan," ujarnya.

 

BACA JUGA: Jadwal PPDB Jenjang SMK di Kabupaten Tegal Segera Dibuka, Catat Tanggalnya!

 

BACA JUGA: Hari Pertama PPDB di Purwokerto, Banyak Orang Tua Belum Membawa Berkas Lengkap

 

Dalam kesempatan ini, pihaknya telah memberikan pengumuman kalau pendaftaran akan dimulai pada 08.00 WIB. Namun, memang masih ada calon wali murid yang satang sejak pagi.

 

"Pendaftaran hanya akan berlangsung hari ini hingga Kamis mendatang. Sedangkan yang akan diterima hanya 240 siswa baru," pungkasnya.

 

Perlu diketahui, bahwa ada 77  SMP Negeri di Brebes yang hari ini membuka PPDB. 58 SMP Negeri diantaranya, melaksanakan PPDB online. Termasuk sekolah-sekolah negeri yang berada di desa-desa yang kesulitan jaringan internetnya. 

Sumber: