Saat Terjadi Kebakaran Jangan Panik, Lakukan 4 Langkah Awal Ini untuk Meminimalisasi Kerugian

Saat Terjadi Kebakaran Jangan Panik, Lakukan 4 Langkah Awal Ini untuk Meminimalisasi Kerugian

HANGUS - Kebakaran lapak atau kios di pasar Alun-alun Kota Tegal, Senin 13 Mei 2024 menghanguskan 12 bangunan semi permanen.--

Apabila api sudah menyebar ke seluruh sudut atau titik di dalam rumah atau gedung tempat Anda berada, bergeraklah dengan cepat menuju pintu keluar. Prioritaskan terlebih dahulu keselamatan nyawa Anda, bukan harta benda atau barang-barang berharga.

Ingat menunda untuk meninggalkan ruangan tempat kejadian, hanya akan menurunkan peluang keselamatan dan hidup Anda. Nah, apabila Anda berada di lantai atas bangunan atau gedung, jangan gunakan lift untuk menyelamatkan diri atau evakuasi.

Cari petunjuk emergency exit, ikuti arahnya, dan gunakan tangga hingga ke bawah. Lakukan head count untuk mengetahui apakah semuanya aman atau ada beberapa yang tertinggal.

BACA JUGA: Diwarnai Insiden Petugas Damkar Kunduran Truk Pemadam, Kebakaran 12 Kios di Pasar Loak Tegal Diselidiki

3. Jangan Kembali ke Dalam

Banyak hal yang mungkin terjadi saat kebakaran, salah satunya adalah anggota keluarga atau teman yang terjebak di dalam. Ini akan membuat Anda panik dan khawatir, sehingga memunculkan niat untuk memberi pertolongan.

Tetapi hal itu bukanlah cara yang tepat, dan sangat disarankan agar Anda tetap berada jauh dari lokasi kebakaran, setelah berhasil menyelamatkan diri. Dinukil dari ciputalife.com jika Anda terlalu memaksakan diri dan bertindak gegabah, keselamatan nyawa yang menjadi taruhannya.

Ketimbang mengambil risiko, akan jauh lebih baik jika Kamu menunggu hingga petugas pemadam kebakaran tiba. Berikan detail informasi mengenai lokasi dimana Kamu terakhir melihat anggota keluarga atau teman Kamu segera setelah petugas pemadam kebakaran tiba.

BACA JUGA: 60 Bangkai Kapal Sisa Kebakaran Pelabuhan Jongor Tegal Belum Dibersihkan, Begini Kondisinya

4. Panggil Segera Petugas Damkar

Setelah berhasil menyelamatkan diri, segera hubungi 113 untuk memanggil petugas pemadam kebakaran (damkar). Tidak usah khawatir harus membayar mahal, panggilan terhadap petugas damkar sama sekali tidak dipungut biaya.

Semakin cepat petugas damkar tiba di lokasi kebakaran, kian besar peluang api untuk cepat dipadamkan dan meminimalisasi jumlah korban dan kerugian.

Demikian informasi tentang empat lamngkah

Itulah beberapa informasi mengenai empat langkah yang harus Anda lakukan, jika menjumpai atau mengalami peristiwa kebakaran. Pastikan tips dan trik tersebut disosialisasikan kepada anak-anak sedini mungkin sebagai upata preventif. (*)

Sumber: