Saat Terjadi Kebakaran Jangan Panik, Lakukan 4 Langkah Awal Ini untuk Meminimalisasi Kerugian

Saat Terjadi Kebakaran Jangan Panik, Lakukan 4 Langkah Awal Ini untuk Meminimalisasi Kerugian

HANGUS - Kebakaran lapak atau kios di pasar Alun-alun Kota Tegal, Senin 13 Mei 2024 menghanguskan 12 bangunan semi permanen.--

RADAR TEGAL - Peristiwa kebakaran, baik di pemukiman maupun di kantor-kantor masih kerap dijumpai. di Kota Tegal misalnya, awal tahun ini terjadi kebakaran di tempat karaoke yang menyebabkan 5 orang meninggal dunia.

Selain itu, sebelumnya pada tahun 2023 juga terjadi kebakaran dahsyat di Pelabuhan Tegal dan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tegalsari, Jongor, Kota Tegal. Kebakaran di PPP bahkan menjadi kasus terburuk di Kota Tegal hingga kini, yang menhanguskan sedikitnya 63 kapal.

Peristiwa-peristiwa kebakaran tersebut menunjukkan bahwa potensi kebakaran bisa saja terjadi kapan, di mana, dan menimpa siapa saja. Meski begitu, jika menjumpai atau mengalami peristiwa kebakaran, Anda disarankan untuk tidak terlalu panik.

BACA JUGA: Dua Kebakaran Terburuk di Kota Tegal, 6 Orang Tewas dan 63 Kapal Nelayan Hangus

Di bawah ini terdapat empat langkah awal yang bisa Anda lakukan ketika menjumpai atau mengalami kebakaran. Ikuti dan lakukan langkah-langkahnya dengan benar, supaya bisa menghindari dampak yang lebih buruk

Tips saat menhadapi dan menjumpai kebakaran

1. Bergerak dengan Posisi Badan Lebih Rendah

Tetap bergerak dengan posisi badan rendah (merebahkan badan ke lantai) bisa meminimalisasi kemungkinan dampak buruk akibat kebakaran. Jika kobaran api semakin besar dan kepulan asap kian pekat, bergerak dengan posisi badan tetap rendah berarti merangkak di bawah sebagian besar kepulan asap.

BACA JUGA: Kondisi Terkini Petugas Damkar yang Kunduran Truk Pemadam saat Proses Pemadaman Kebakaran Pasar Loak di Tegal

Karena lapisan bawah asap adalah lokasi di mana Anda bisa mendapatkan oksigen yang penting untuk bertahan hidup. Dalam banyak kasus kebakaran, asap dan udara beracun yang disebabkan kobaran api lebih banyak menyakiti korban kebakaran daripada api kebakaran itu sendiri.

Bergerak dengan posisi badan tetap rendah bisa mengurangi potensi Andau menghirup asap dan udara beracun tersebut. Jika kebetulan membawa sapu tangan, basahi sapu tangan dengan air lalu gunakan untuk menutupi hidung.

Tetapi andaikan tidak memiliki sapu tangan, segera lepas baju Anda dan lindungi wajah (tepat di bawah mata). Setelah itu, bergerak dengan posisi badan rendah sampai ke akses pintu keluar.

BACA JUGA: Mau Padamkan Kebakaran Pasar Loak di Tegal, Petugas Damkar Kunduran Truk Pemadam

2. Segera Lakukan Evakuasi 

Sumber: