9 Adab Berbuka Puasa Sesuai Syariat Islam, Nomor 7 Kadang Diabaikan

9 Adab Berbuka Puasa Sesuai Syariat Islam, Nomor 7 Kadang Diabaikan

PUASA- Adab Berbuka Puasa Sesuai Syariat Islam--

RADAR TEGAL - Salah satu hal yang harus diperhatikan selama Ramadhan adalah adab berbuka puasa sesuai syariat Islam. Di bulan Ramadhan ini umat muslim diwajibkan menjalankan puasa selama sebulan penuh.

Memperhatikan adab berbuka puasa sesuai syariat Islam sangat penting dilakukan agar puasanya menjadi berkah. Ini merupakan anjuran yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, selain itu juga dianjurkan memperbanyak ibadah misalnya sedekah dan dzikir.

Setelah menjalankan puasa sehari penuh umat muslim akan berbuka puasa. Adapun yang harus diperhatikan yaitu adab berbuka puasa sesuai syariat Islam.

Berikut ini akan dijelaskan adab berbuka puasa sesuai syariat islam yang perlu anda pahami dan terapkan selama berpuasa. Mengutip dari laman NU Online, ini dia penjelasannya.

BACA JUGA: Mulai dari Beri Makan Hewan, Ini 7 Amalan Bulan Ramadhan yang Pahalanya Berlipat Ganda

9 Adab berbuka puasa sesuai syariat Islam

1. Menyegerakan Berbuka Puasa

Waktu berbuka adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat islam yang sedang menjalankan ibadah puasa. Orang yang berpuasa dianjurkan untuk segera membatalkan puasa saat waktu berbuka, Hal tersebut berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Disebutkan dari Anas RA, "Nabi Muhammad tidak mendirikan sholat sebelum beliau berbuka walau hanya seteguk air" (HR Tirmidzi). Begitupun dengan Rasulullah yang mengajarkan kita untuk mendahulukan berbuka puasa sebelum mendirikan sholat.

2. Membaca Basmalah

Rasulullah SAW senantiasa mengajarkan kepada umatnya untuk mengawali sesuatu dengan basmalah, termasuk sebelum makan dan ini menjadi sunah nabi. Rasulullah pernah berkata "Wahai anak!Bacalah basmalah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah dengan mengambil yang terdekat denganmu." (HR Bukhari & Muslim)

3. Membaca Doa Berbuka Puasa

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membaca doa khusus sebelum menikmati sajian berbuka puasa. Hal ini sesuai dengan sabdanya, bahwa doa yang dipanjatkan seseorang yang sedang berpuasa sampai dengan waktu berbukannya termasuk doa yang mustajab.

BACA JUGA: Keistimewaan 10 Hari Pertama Amalan Bulan Ramadhan, Lakukan dengan Istiqomah, Pahala dan Berkah Terus Mengalir

Sumber: