Hindari! Ternyata Ini 6 Penyebab Kolesterol Naik saat Puasa, Tanpa Disadari Sering dilakukan

Hindari! Ternyata Ini 6 Penyebab Kolesterol Naik saat Puasa, Tanpa Disadari Sering dilakukan

Penyebab Kolesterol Naik Saat Puasa--

RADAR TEGAL - Selama bulan Ramadhan, umat Islam di Indonesia menghabiskan kurang lebih 13 jam untuk berpuasa. Namun, apa jadinya jika kolesterol malah naik saat berpuasa? Berikut 6 penyebab kolesterol naik saat puasa yang mungkin tidak kita sadari.

Meskipun memiliki manfaat kesehatan dan spiritual yang besar, puasa juga bisa mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh kita. Karenanya, kita wajib mengetahui penyebab kolesterol naik saat puasa.

Simak sampai selesai berbagai penyebab kolesterol naik saat puasa. Lalu hal apa saja yang sebaiknya dihindari oleh penderita kolesterol tinggi saat buka puasa.

Meski penelitian banyak membuktikan puasa dapat membuat kadar kolesterol normal, masih banyak orang yang kerap mengeluh kolesterolnya justru naik saat menjalankan ibadah puasa. Berikut 6 penyebab kolesterol naik saat puasa. 

BACA JUGA: Selain Kurma, Ini 6 Buah yang Baiknya Dikonsumsi saat Buka Puasa, Cepat Ganti Cairan Tubuh yang Hilang

Penyebab Kolesterol Naik saat Puasa

1. Terlalu kalap saat makan

Penyebab kolesterol naik saat puasa yang pertama adalah tak dapat mengontrol porsi makan. Ketika berpuasa, terjadi perubahan waktu makan di mana tubuh tidak mendapatkan asupan makan dan minum selama kurang lebih 14 jam.

Setelah menahan lapar dan haus seharian, akhirnya waktu sahur dan berbuka pun justru menjadi ajang “balas dendam” sehingga porsi makan tak terkontrol.

2. Perubahan Pola Makan

Penyebab kolesterol naik saat puasa selanjutnya, pola makan kita mengalami perubahan drastis. Kita cenderung makan lebih banyak saat sahur dan berbuka, terutama makanan yang kaya lemak dan kalori tinggi.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat, Puasa Tuntas Sebulan Tanpa Loyo

Dengan ini, bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol, terutama kolesterol jahat (LDL), jika tidak diimbangi dengan pilihan makanan yang sehat.

3. Konsumsi Makanan Cepat Saji dan Gorengan

Sumber: