5 Keunikan Suku Baduy, Salah Satunya Tak Mengenakan Alas Kaki

5 Keunikan Suku Baduy, Salah Satunya Tak Mengenakan Alas Kaki

5 Keunikan Suku Baduy, Salah Satu Tradisinya Diharuskan Tidak Mengenakan Alas Kaki (pict:istockphoto)--

RADAR TEGAL - Ada salah satu suku di Indonesia yang berada pada wilayah pedalaman, tepatnya di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten bernama Suku Baduy. Suku ini termasuk menjadi salah satu suku di Indonesia yang masih tetap lestari, dan memegang teguh adat istiadat maupun kebudayaan - kebudayaan di dalamnya.

Walaupun saat ini kemajuan teknologi sudah semakin pekat, namun suku baduy tetap bisa mempertahankan kebudayaan yang mereka miliki tersebut. 

Jika membahas suku baduy ini, ternyata banyak sekali keunikan yang terdapat di dalamnya. Mungkin banyak di antara kita yang belum terlalu mengenal akan suku ini, oleh karenanya yuk kita kenal sama - sama.

Dalam artikel RADAR TEGAL di bawah ini, kami akan membahas mengenai 5 keunikan suku baduy yang salah satu tradisinya diharuskan tidak mengenakan alas kaki. Apa saja keunikannya? yuk disimak!

BACA JUGA:5 Kebiasaan Unik Suku Jawa, Salah Satunya Suka Mengalah

 

1. Tradisi

Pertama, keunikan suku baduy terlihat dari salah satu tradisinya yang bernama Kawalu. Kawalu adalah sebuah tradisi yang mengharuskan masyarakatnya untuk melakukan puasa dengan jumlah 3 kali selama 3 bulan.

Tradisi kawula mungkin jarang terdengar oleh kita, namun tradisi ini rupanya masih terus dilestarikan oleh orang - orang suku baduy dalam. Tak hanya berpuasa saja, mereka juga akan berdoa untuk meminta kedamaian, keamanan, maupun kesejahteraan bagi Indonesia.

2. Tempat tinggal

Kedua, keunikan suku baduy juga terlihat pada tempat tinggal penduduknya yang tidak menggunakan semen. Jadi, masyarakat yang tinggal di suku ini saat membangun tempat tinggalnya tersebut diketahui tidak memakai semen sama sekali.

Sumber: