6 Suku Tertua di Indonesia, Ada yang Sudah Ada Sejak 500 ribu Tahun Lalu, Nomor 1 Bukan Jawa

6 Suku Tertua di Indonesia, Ada yang Sudah Ada Sejak 500 ribu Tahun Lalu, Nomor 1 Bukan Jawa

Suku Tertua di Indonesia, ada yang mencapai 500 ribu tahun lalu--Youtube/Kata Babe

RADAR TEGAL - Setiap daerah tentunya memiliki salah satu penghuni asli atau suku yang berdiam diri di daerah tersebut. Di Indonesia sendiri terdapat suku tertua yang sudah ada sejak puluhan ribu tahun lalu loh.

Beberapa suku tertua di Indonesia ini menghuni Indonesia sudah sejak lama. Pada nomor 1 ternyata bukan dari suku Jawa.

Melansir dari Youtube Kata Babe, Indonesia memiliki lebih dari 300 etnis yang ada saat ini. Dari 300 suku tersebut tentunya ada salah satu suku tertua di Indonesia yang sudah ada sejak lama.

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan membahas tentang 6 suku tertua di Indonesia. Apakah kamu sudah tahu tentang hal ini?

BACA JUGA:5 Makanan Tradisional Khas Tegal Bikin Kamu Jadi Kangen saat Ada di Luar Kota

BACA JUGA:Budaya Khas Tegal Punya Banyak Makna, Ini Dia Tari Kuntulan Tegalan

6 Suku tertua di Indonesia yang harus kamu tahu

1. Suku Kerinci

Suku Kerinci ini sudah ada di Indonesia sejak 10.000 tahun yang lalu loh. Menariknya saat ini keberadaan suku ini juga masih bisa kamu temukan.

Suku Kerinci ini masuk ke dalam ras Mongoloid dan penutus Austronesia. Kabarnya asal suku ini adalah dari daratan Taiwan dan Indocina.

2. Wajak

Selanjutnya terdapat Suku Wajak yang saat ini ada di Kota Tulungagung di Jawa Timur. Namun, sayangnya keberadaan dan sejarah suku ini masih belum jelas.

Hal ini karena menghilangnya suku ini secara misterius. Keberadaannya konon sudah ada sejak 500.000 ribu hingga 1.000.000 tahun yang lalu.

BACA JUGA:4 Budaya Khas Tegal yang Wajib kamu Lestarikan, Jangan Sampai Hilang Tergerus Zaman

BACA JUGA:5 Pantai Terindah di Jawa Tengah yang Cocok Dikunjungi di Akhir Tahun 2023

3. Suku tertua di Indonesia: Melayu

Suku Melayu ini sudah ada loh sejak abad ke-11 Masehi di Indonesia. Ketenaran suku ini sudah menyebar hingga ke beberapa negara tetangga.

Suku Melayu ini juga sudah ada loh yang mencapai ke Eropa. Saat ini suku Melayu menghuni daerah semenajung Malasyia dan sebagian Pulau Sumatra.

4. Baduy

Sumber: