5 Kekurangan Chevrolet Spin, Salah Satunya Belum Pakai Electric Power Steering

5 Kekurangan Chevrolet Spin, Salah Satunya Belum Pakai Electric Power Steering

Ilustrasi kekurangan chevrolet Spin.-(Foto: Tangkapan Layar/Instagram/@skeneauto).-

RADAR TEGAL - Menengok kekurangan Chevrolet SPin yang masih jarang diketahui. Salah satunya belum memakai Electric Power Steering.

Dengan mengetahui kekurangan Chevrolet Spin ini, Anda dapat mempertimbangkan atau menjadikan sebagai referensi sebelum membelinya. Apa saja kekurangan Chevrolet Spin.

Melalui artikel kali ini kami telah merangkumnya. Simak ulasannya berikut ini.

Chevrolet Spin, kendaraan yang pernah menjadi primadona pada tahun 2013-2016, kini menghadapi tantangan yang membuat pemiliknya perlu waspada. Meskipun mobil ini memiliki sejumlah keunggulan, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan.

BACA JUGA:5 Daftar Mobil Honda Jazz Bekas Harga Rp80 Jutaan, Begini Kondisinya

Berikut ini kekurangan Chevrolet Spin, antara lain:

1. Suku Cadang Mahal

Salah satu kekurangan yang cukup mencolok pada Chevrolet Spin adalah harganya yang tinggi untuk suku cadangnya. Dengan hanya bertahan hingga tahun 2016 dan kepergian brand Chevrolet dari Indonesia, ketersediaan suku cadang untuk Spin menjadi semakin sulit, terutama di daerah pelosok.

Meski suku cadang asli tersedia, harganya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan mobil sekelasnya yang berasal dari Jepang. Namun, masa pakai suku cadang asli ini cenderung lebih awet, memberikan pemilik keuntungan dalam jangka panjang.

2. Tersedia Transmisi Matic hanya di Varian Teratas

Kekurangan lain yang perlu diperhatikan adalah absennya pilihan transmisi otomatis untuk varian mesin bensin 1.2L dan diesel 1.5L. Transmisi otomatis hanya dapat ditemui pada varian teratas dengan mesin bensin 1.5L.

Meskipun transmisi ini dilengkapi dengan 6 tingkat percepatan tiptronic yang dapat diatur secara manual, pembeli harus mempertimbangkan varian dengan teliti sesuai kebutuhan mereka.

BACA JUGA:Koil Kerap Bermasalah, Ini Kekurangan Chevrolet Zafira Mobil Lainnya yang Perlu Diperhatikan!

3. Karakter Turbo Lag pada Varian Diesel

Bagi penggemar varian diesel, perlu diperhatikan bahwa Chevrolet Spin dengan mesin diesel 1.248 cc memiliki karakteristik turbo lag pada tarikan bawahnya. Mesin diesel yang kecil ini menyebabkan keterlambatan respons pada tarikan awal, sebuah masalah yang sering dikeluhkan oleh pemiliknya.

Meski begitu, tarikan pada putaran atas terasa responsif, dan konsumsi BBM yang irit menjadi nilai tambah.

4. Blind Spot Saat Berbelok

Pilar A yang cukup tebal pada Chevrolet Spin menjadi kendala saat berbelok dan menciptakan blind spot yang perlu diatasi oleh pengemudi. Untuk menghindari masalah ini, pengemudi seringkali harus memajukan atau memundurkan badan saat berbelok.

Meskipun ini bukan kekurangan besar, tetapi menjadi faktor penting untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

BACA JUGA:Diklaim Miliki DNA Balap, Inilah Spesifikasi Honda Civic Estilo, Simak Selengkapnya!

5. Belum Menggunakan Electric Power Steering

Salah satu kekurangan terakhir adalah penggunaan teknologi power steering yang masih menggunakan sistem hidrolik dengan pompa dan oli. Berbeda dengan generasi lain yang sudah beralih ke Electric Power Steering (EPS), Chevrolet Spin terasa lebih berat dalam lingkar kemudi.

Model hidrolik ini juga memerlukan perawatan secara berkala, yang dapat meningkatkan biaya pemeliharaan dibandingkan dengan sistem EPS yang lebih modern dan bebas pemeliharaan.

Demikian 5 kekurangan Chevrolet Spin yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya, semoga atikel ini membantu dan bermanfaat. (*)

Sumber: