DPU Brebes Bangun 12 Titik Infrastruktur Instalasi Air Bersih, Sumber Dana DAK APBN

DPU Brebes Bangun 12 Titik Infrastruktur Instalasi Air Bersih, Sumber Dana DAK APBN

Tim DPU saat melakukan pengecekan pembuatan instalasi air bersih.(Dok. DPU Brebes)--

RADAR TEGAL - Pemkab Brebes melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat berencana membangun 12 titik infrastruktur instalasi air bersih pada tahun ini. Belasan titik tersebut akan dibangun di 12 desa di enam kecamatan yang ada di Brebes.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes Mohamad Idrus mengatakan, pada tahun ini total ada 12 titik instalasi air bersih yang akan dibangun. Untuk anggarannya sendiri bersumber dari DAK APBN.

“Untuk tahun anggaran 2024 ini, pembangunan instalasi jaringan air bersih di 12 titik bersumber dari DAK APBN. Nantinya, jika sudah jadi kemudian dihibaikan ke desa penerima,” ujarnya, Selasa 14 Mei 2024.

Selain bersumber dari APBN, sedikitnya ada empat titik lain pengembangan sarana prasarana air bersih yang bersumber dari Pemprov Jateng dan Pemkab Brebes.

BACA JUGA: Percepat Pelayanan, DPU Brebes Terapkan Layanan PBG dan SLF Online

“Untuk tahun ini memang semua program menyediakan kebutuhan air bersih sebagai satu cara menekan stunting,” ucapnya.

Diketahui, ketersediaan air bersih dan air minum juga penting untuk mencegah stunting dan dapat membantu menghilangkan kemiskinan ekstrem. Terlebih lagi, isu kedua tersebut memiliki persamaan dalam penanganannya.

Pertama, mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin, kemudian yang kedua mendorong agar keluarga miskin yang masih produktif bisa berproduksi sehingga pendapatannya naik.

Sementara itu, Anggota DPRD Brebes Moh. Nizwar Alifsyahrin menyebutkan kalau akses air bersih dan air minum sangatlah penting. Salah satunya untuk pencegahan stunting di Kabupaten Brebes. 

“Apabila anak-anak tidak mendapatkan air bersih dan sanitasi yang baik akan berisiko terjadinya stunting. Ini harus dihindari. Oleh karena itu, Pemkab Brebes saat ini serius daan gencar melaksanakan program penyediaan air bersih dan sanitasi,” tutupnya.(*)

Sumber: