Yang Baru dan Lagi Hits! Wisata Petik Buah Melon di Tegal Ini Harus Masuk Agenda Liburan Kamu

Yang Baru dan Lagi Hits! Wisata Petik Buah Melon di Tegal Ini Harus Masuk Agenda Liburan Kamu

Yang Baru dan Lagi Hits! Wisata Petik Buah Melon di Tegal Ini Harus Masuk Agenda Liburan Kamu-wisata tegal-

RADAR TEGAL - Bosan dengan wisata yang itu-itu saja? Coba sesuatu yang baru dengan mengunjungi wisata petik buah melon di Tegal, tepatnya di Agrowisata Desa Kalisapu, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal.

Agrowisata edukasi ini menawarkan pengalaman unik memetik buah melon segar langsung dari kebunnya, ditemani dengan panorama pedesaan yang indah.

Wisata petik buah melon premium di Agrowisata Kalisapu ini terbilang baru, diluncurkan pada Kamis, 18 April 2024. Inisiatif ini digagas oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Berkah Mandiri Kalisapu, sebagai upaya diversifikasi wisata dan meningkatkan pendapatan desa.

Keunikan wisata petik buah melon Kalisapu terletak pada varietas melonnya yang premium. Bumdes Berkah Mandiri membudidayakan melon introducing, yaitu varietas impor dari luar negeri, seperti Chamoe dari Korea, Sweetnet dari Thailand, Alisa dari Indonesia, Inthanon dari Belanda, dan Sakata dari Jepang.

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Wisata Alam Dekat Guci Tegal, Ada Penginapan dan Lokasi Campingnya

BACA JUGA: Tempat Wisata Terbaru 2024 Waduk Cacaban di Tegal, Ada Bukit Teletubbies hingga Camping Ground

Teknologi Modern untuk Hasil Berkualitas

Budidaya melon di agrowisata ini menggunakan sistem green house yang canggih. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil panen dan menjaga kualitas buah.

Selain itu, Bumdes Berkah Mandiri juga menerapkan teknologi irigasi venturi untuk pemupukan dan penyiraman secara otomatis, sehingga lebih hemat biaya dan tenaga kerja.

Masa Panen dan Varietas Pilihan

Proses budidaya melon di agrowisata ini membutuhkan waktu sekitar 60-70 hari hingga panen. Pengunjung dapat memilih untuk memetik melon varietas Ithanon yang berwarna kuning dengan jaring lembut, atau Sweetnet yang berwarna putih dengan tekstur buah agak keriput berwarna orange.

Harga Terjangkau dan Dukungan Pemerintah Desa

Harga melon di agrowisata Kalisapu terbilang terjangkau, yaitu Rp35.000 per kilogram untuk semua varietas, kecuali Alisa yang dibanderol Rp25.000 per kilogram.

BACA JUGA: Wisata Edukasi Murah Meriah Museum Situs Semedo di Tegal, Menyingkap Sisi Lain Sejarah Manusia Purba

Sumber: