Mesin Cepat Tekor? Simak Tips Memilih Aki Baru yang Tepat Berikut Ini

Mesin Cepat Tekor? Simak Tips Memilih Aki Baru yang Tepat Berikut Ini

Foto: Kelebihan aki kering vs aki basah (freepik.com)--

RADAR TEGAL - Banyak komponen penting yang menjamin kelancaran operasional kendaraan Anda. Salah satu yang tak tergantikan adalah aki, atau baterai, yang memastikan mesin dapat dinyalakan dengan mudah.

Baik Anda memiliki sepeda motor atau mobil, aki berperan vital dalam menghidupkan mesin, terutama pada saat start awal. Jika Anda masih merasa bingung atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli otomotif terpercaya. 

Saat ini, dua jenis aki umum digunakan di kendaraan bermotor, yaitu aki kering dan aki basah. Masing-masing jenis menawarkan keunggulan dan kelemahan tersendiri.

Memahami perbedaan keduanya akan membantu Anda memilih aki yang tepat untuk kendaraan Anda. Nah, untuk lebih lengkapnya simak di bawah ini.

BACA JUGA: Rekomendasi Oli Motor Terbaik Untuk Honda Vario 125 dan 150, Performa Makin Kencang Konsumsi BBM Makin Kalem

Menilik Kelebihan Aki Kering

Aki kering, sering disebut Maintenance Free (MF) battery, memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya digemari pemilik kendaraan modern.

  • Performa Jempolan

Konstruksi aki kering lebih rapat dan kompak. Hal ini membuatnya tahan terhadap guncangan dan getaran yang kerap terjadi saat berkendara di medan tidak rata.

Bagi Anda yang hobi berpetualang dengan motor atau mobil di jalanan berbatu, aki kering menjadi pilihan tepat.

  • Pemasangan Mudah

Aki kering didesain sedemikian rupa agar mudah dipasang. Anda tak perlu repot melakukan pengisian air secara manual, sehingga menghemat waktu dan tenaga.

  • Minim Perawatan

Berbeda dengan aki basah, aki kering memerlukan perawatan minimal. Anda tak perlu khawatir membongkar atau mengecek ketinggian air aki secara berkala.

  • Usia Panjang

Umumnya, aki kering memiliki umur pakai yang lebih lama dibandingkan aki basah. Ini tentu menjadi nilai plus karena Anda tak perlu mengeluarkan biaya penggantian aki terlalu sering.

Kekurangan yang Perlu Dipertimbangkan

  • Harga Lebih Tinggi

Dibanding aki basah, aki kering dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Ini karena teknologi yang digunakan pada aki kering memang lebih canggih.

  • Sensitif Cuaca Ekstrem

Sumber: melansir dari berbagai sumber.