Cara Menaikkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat, Salah Satunya Jangan Asal Minum!

Cara Menaikkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat, Salah Satunya Jangan Asal Minum!

Cara Menaikkan Berat Badan Secara Alami.--

RADAR TEGAL – Bagi beberapa orang memiliki berat badan ideal menjadi dambaan tersendiri, lho. Berikut ini cara menaikkan berat badan secara alami.

Tidak hanya dari segi penampilan, dengan memiliki bera badan ideal juga dapat menurunkan beragam risiko penyakit, lho. Jadi, tidak ada salahnya  apabila Anda ingin mengetahui cara menaiikan berat badan.

Namun, perlu Anda ingat bahwa cara menaikkan berat badan berikut ini disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda, ya. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara menaikkan berat badan secara alami dan sehat

1. Makan Lebih Sering dengan Porsi Sedikit

Tahukah Anda bahwa cara menggemukkan badan secara alami yang mudah untuk Anda lakukan yakni dengan memperbanyak asupan makanan. Namun sayangnya, orang dengan berat badan rendah umumnya lebih mudah merasa kenyang sehingga sulit untuk menambah porsi makannya.

BACA JUGA: Resep Infused Water untuk Diet yang Bisa Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah Dibuat

Oleh karena itu, Anda perlu mencoba makan lebih sering sebanyak 5 hingga 6 porsi setiap hari dengan porsi yang lebih kecil. Dengan begitu, Anda lebih mudah untuk menambah  asupan kalori tanpa merasa kenyang berlebihan.

2. Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Cara menaikkan berat badan secara alami berikutnya yakni Anda perlu menghindari konsumsi makanan berlemak ataumakan dan minum yang mempunyai kadar gula tinggi. Hal ini supaya Anda lebih sehat, jadi disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang seperti sayuran dan buah, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, ikan, telur, dan tempe.

3. Pilih Makanan dengan Padat Kalori

Salah satu tips menaikkan berat badan secara perlahan yakni dengan menambah asupan kalori sebanyak 300 hingga 500 kkal per hari. Untuk bisa mencukupi kebutuhan kalori, maka Anda dapat mengonsumsi makanan padat kalori yang kaya akan lemak sehat dan protein.

Berikut ini beberapa pilihan makanan sehat yang kaya akan kalori.

  • Kacang kacangan seperi almond, kacang mete, dan kacang tanah
  • Daging merah, salmon, ayam, dan telur
  • Kentang, gandum utuh, dan nasi merah
  • Susu dan yogurt full cream, keju, atau produk olahan susu  lainnya.

BACA JUGA: Diet Sehat dan Cepat yang Tepat, Cara Efektif untuk Dapatkan Berat Badan yang Ideal

4. Rutin Berolahraga

Olahraga ternyata tidak hanya penting dilakukan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan saja, lho. Namun dapat juga menjadi cara naikin berat badan.

Apabila Anda ingin menaikkan berat badan, maka aktivitas fisik ini perlu dilakukan secara rutin untuk menambah massa otot dan mengurangi jaringan lemak. Ada pun jenis olahraga yang disarankan untuk menaikkan berat badan adalah latihan kekuatan otot, seperti push up atau latihan barbel, lunges, dan plank. 

5. Mengonsumsi Camilan Sehat

Tahukah Anda bahwa selain makanan utama, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi  camilan sehat sebagai cara menaikkan berat badan, lho. Ada pun camilan sehat dan kaya nutrisi seperti cokelat hitam, buah-buahan, roti gandum, dan yogurt  dapat menjadi pilihan sumber kalori tambahan Anda.

BACA JUGA: Jangan Hindari Makan, Menu Diet Sehat 30 Hari Ini Efektif Turunkan Berat Badan dengan Aman

Anda juga perlu mengindari jenis camilan seperti gorengan, ya. Hal ini karena, gorengan mengandung minyak jenuh dan tinggi kolesterol.

Gorengan justru akan meningkatkan risiko obesitas dan beberapa masalah kesehatan lainnya seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

6. Minum di Waktu yang Tepat

Hingga kini banyak yang beranggapan bawah minum air sebelum makan dapat menurunkan nafsu makan dan membuat lebih cepat kenyang. Namun faktanya adalah kebiasaan tersebut mungkin lebih baik diterapkan oleh orang-orang yang sedang diet, hal ini tidak berlaku bagi orang yang ingin menaikkan berat badan.

Cara menambah berat badan lainnya yakni Anda disarankan untuk menghindari minum air mineral sebelum makan. Hal ini bertujuan untuk menambah asupan kalori, cobalah juga untuk mengonsumsi minuman tinggi kalori seperti jus buah tanpa gula sebagai pendamping air mineral saat sedang makan.

BACA JUGA: Hindari Karbo Jahat, Ini 10 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet, yang Efektif Turunkan Berat Badan

Demikian ulasan mengenai cara menaikkan berat badan secara alami. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: