Demi Merawat Bumi Relawan dan Pegiat Lingkungan Kebandingan Tegal Rela Punguti Sampah di Pinggir Jalan

Demi Merawat Bumi Relawan dan Pegiat Lingkungan Kebandingan Tegal Rela Punguti Sampah di Pinggir Jalan

Aksi punguti sampah di pinggir jalan demi merawat bumi dilakukan pegiat lingkungan bersama rumah zakat desa berdaya Kebandingan Tegal.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Demi merawat bumi, relawan Rumah Zakat Desa Berdaya Kebandingan Kabupaten Tegal bersama pegiat lingkungan malakukan aksi punguti sampah di pinggir jalan, Minggu 3 September 2023.

Relawan Rumah Zakat, Azis menyatakan, aksi dilakukan dengan menggunakan kendaraan roda tiga, bersama 25 pemuda pegiat lingkungan dan tim Bank Sampah Melingkar. 

"Aksi dilakukan dengan menyusuri ruas jalan besar Desa Kebandingan, untuk membersihkan sampah yang ada di pinggir-pinggir jalan," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut tim juga fokus pada satu titik lokasi yang dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah oleh manusia-manusia tidak berakhlak. 

BACA JUGA:Lakukan Inovasi dan Terobosan, Bank Sampah Marga Jaya Rindang Kota Tegal Dapat Apresiasi dari Puskesmas

BACA JUGA:Daur Ulang Sampah Plastik, 40 Kader di Kota Tegal Dilatih Ubah Non-PET Jadi Produk Bermanfaat

"Sebanyak kurang lebih 50 karung besar atau setara 2 ton sampah terkumpul. Sampah yang berhasil terkumpul kemudian kita pilah dengan tujuan memanfaatkan sampah yang bisa di daur ulang," cetusnya.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan sekaligus sebagai bentuk memperingati Hari Kemanusiaan Sedunia yang jatuh pada bulan Agustus lalu. 

"Kami bersama pegiat lingkungan berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat sadar dan teredukasi, serta lebih peduli terhadap sampah demi keberlangsungan hidup dimasa depan," ungkapnya. 

Hal ini menurutnuya dengan mendaur ulang sampah, menjadi keluarga minim sampah. 

BACA JUGA:Atasi Sampah, Pemkab Pemalang Akan Gandeng Investor Australia

BACA JUGA:Keren! SMP Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Daur Ulang Sampah Plastik Jadi Kostum Cantik

Dan tentunya akan berdampak pada pengematan energi, mengurangi polusi, dan menghemat SDA.

Terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Muchtar Mawardi SKM Mkes memberi apresiasi atas kegiatan yang dilakukan pegiat lingkungan bersama Rumah Zakat Desa Berdaya Kebandingan. 

Sumber: