Lakukan Inovasi dan Terobosan, Bank Sampah Marga Jaya Rindang Kota Tegal Dapat Apresiasi dari Puskesmas

Lakukan Inovasi dan Terobosan, Bank Sampah Marga Jaya Rindang Kota Tegal Dapat Apresiasi dari Puskesmas

APRESIASI-Sanitarian Puskesmas Margadana Murti Kristianingsih memberikan apresiasi kepada Bank Sampah Marga Jaya Rindang di Pendopo Kelurahan Margadana, Jumat 1 September 2023.-Meiwan Dani R-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Membantu melakukan berbagai inovasi dan terobosan dalam pengelolaan sampah di wilayahnya, Bank Sampah Marga Jaya Rindang Kota Tegal mendapat apresiasi dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Margadana.

Kegiatan memberikan apresiasi itu digelar di Pendopo Kelurahan Margadana, kemarin. Apresiasi itu diberikan karena pengelolaan sampah rumah tangga merupakan bagian dari lima pilar sanitasi total berbasis masyarakat.

"Bank Sampah Marga Jaya Rindang telah membantu dalam pengelolaan sampah rumah tangga sehingga layak kami berikan apreasiasi," kata Kepala Puskesmas Margadana dr Wahidin melalui Sanitarian Puskesmas Margadana Murti Kristianingsih, Jumat 1 September 2023.

Selain itu, yang termasuk dengan lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), di antaranya Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). 

BACA JUGA:Daur Ulang Sampah Plastik, 40 Kader di Kota Tegal Dilatih Ubah Non-PET Jadi Produk Bermanfaat

BACA JUGA:Atasi Sampah, Pemkab Pemalang Akan Gandeng Investor Australia

Pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga. Kegiatan yang dilakukan merupakan bagian dari program Rumah Jamban Sehat (Rujahat). 

"Sehingga apa yang sudah dilakukan bank sampah, juga berkaitan dengan program (Rujahat)," terangnya.

Sementara itu, Sekertaris Kelurahan Margadana Sudarmo mengharapkan, kegiatan sosialisasi ini dapat memunculkan inovasi baru dalam pembangunan jamban. Inovasi bisa dikembangkan oleh ketua RT, RW atau kader-kader. Seperti inovasi yang muncul di Bank Sampah.

"Adanya bank sampah dapat membantu masyarakat, terutama dalam pemanfaatan sampah rumah tangga," pungkasnya.***

Sumber: radartegal.disway.id