Bupati Tegal Singgung Paskibra saat Resepsi Peringatan HUT RI ke-78 dan Bilang Begini

Bupati Tegal Singgung Paskibra saat Resepsi Peringatan HUT RI ke-78 dan Bilang Begini

RESEPSI- Bupati Tegal Umi Azizah saat menyampaikan sambutannya di acara Malam Resepsi Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pendopo Amangkurat, Kamis 17 Agustus 2023 dan menyinggung paskibra.-Istimewa-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Keberadaan pasukan pengibar bendera atau paskibra selalu menjadi sorotan dalam setiap peringatan HUT RI. Tidak hanya di pusat, paskibra di Kabupaten Tegal juga tidak luput dari sorotan.

Hal ini juga tidak luput dari perhatian Bupati Tegal Umi Azizah. Dalam rilis yang dilayangkan Humas Pemkab Tegal pada Selasa, 22 Agustus 2023, Umi menyinggung paskibra saat Malam Resepsi Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pendopo Amangkurat, Kamis 17 Agustus 2023. 

Bupati memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada paskibra atau Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang sebelumnya telah menjalankan tugasnya dengan baik.

“Sebagai pribadi, saya merasa bangga dengan kedisiplinan dan ketenangan kalian saat menjalankan tugas negara, menjadi tumpuan suksesnya sebuah acara besar,” ujarnya memuji anggota paskibra.

BACA JUGA:35 Paskibraka Kabupaten Brebes Dikukuhkan

BACA JUGA:Bakal Digembleng Selama 15 Hari, 72 Pelajar Lolos Jadi Paskibra Kota Tegal

Menurutnya, mentalitas paskibra seperti ini harus dipupuk dan dibangun di kalangan generasi muda. Tidak hanya kepada mereka yang bertugas atau terlibat langsung di acara-acara resmi kenegaraan, tetapi juga seluruh elemen kepemudaan dan pelajar agar terus bersemangat berkarya.

Sebab, lanjut Umi, dari merekalah cikal bakal kepemimpinan masa depan akan terlahir. Dari merekalah bibit-bibit unggul akan muncul sebagai agen perubahan yang akan menuntun kemajuan bangsa ke depan.

“Fokuslah pada upaya mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik, lebih bijak, lebih santun dan toleran dan saling menghargai,” pesan Umi. 

Selain memuji anggota paskibra, Umi juga menyebut jika HUT Kemerdekaan RI menjadi momentum bagi generasi muda dalam menumbuhkan semangat patriotisme dan membangkitkan jiwa nasionalisme. 

BACA JUGA:Mulai Latihan Terpusat, 32 Calon Paskibraka Brebes Dikarantina

BACA JUGA:Jelang Agustusan, 71 Calon Personel Paskibra Kota Tegal Mulai Digembleng

Menurutnya, rasa cinta tanah air dan bangga menjadi insan Indonesia di kalangan anak muda harus senantiasa diasah dan dibangkitkan. Harus ada ruang generasi muda untuk mengaktualisasikan dirinya. 

Tujuannya agar mereka mampu berperan menjadi garda terdepan dengan mengajak elemen bangsa lainnya bersama-sama memperkokoh pilar pembangunan sembari mencontohkan bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat tertanam dan menjelma dalam keseharian.

Peringatan Kemerdekaan RI ini, lanjut Umi, bukan sebatas acara tahunan semata. Akan tetapi juga sarana strategis untuk membangun jiwa dan kesadaran kolektif akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman dan kemajemukan kehidupan bangsa Indonesia.

Sebagai insan Pancasila, Umi pun mengajak masyarakat ikut memperkokoh ikatan persaudaraan dan menumbuhkembangkan nilai-nilai kegotong-royongan. 

BACA JUGA:Gagal Jadi Paskibraka di Istana karena Positif Covid-19, Kisah Kristina Viral di Media Sosial

BACA JUGA:HUT RI, Anggota Paskibraka Brebes Dikukuhkan

Mulai dari hal yang paling sederhana seperti mengelola sampah dari rumah, di sekolah dan di kantor, hingga yang paling kompleks dengan ikut menjaga kesantunan dan moralitas di ruang publik.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal KRT Sugono Adinagoro mengatakan jika peringatan HUT Kemerdekaan RI ini merupakan salah satu bentuk dan wujud ucapan syukur serta penghormatan generasi penerus. 

Atas jasa para pahlawan dan pejuang kemerdekaan yang gugur dalam perang sebagai kusuma bangsa. Maupun yang berjuang melalui jalur diplomasi hingga kemerdekaan RI diakui oleh masyarakat dunia.

Sugono pun menuturkan jika perjuangan para pendahulu ini sudah sepatutnya dikenang. Diambil nilai-nilai kebaikannya dan diimplementasikan untuk mengisi kemerdekaan ini dengan karya dan prestasi yang membanggakan.

BACA JUGA:Lomba HUT RI Unik! Warga Randudongkal Pemalang Berburu Ikan Lele Merah Putih di Kali Paseh

BACA JUGA:HUT RI 2023, RSUD dr Soeselo Slawi Kabupaten Tegal Gelar Jalan Sehat Sepanjang 5 KM

Lebih lanjut, Sugono mengajak masyarakat untuk bersama-sama merayakan kemerdekaan ini dengan terus mempertahankan semangat pantang menyerah. Mengafirmasi diri menjadi pribadi yang merdeka, berdikari dan bangga dengan identitas kebangsaan Indonesia.

“Jangan sampai kita sebagai penerus justru tumbuh menjadi pribadi penjajah di era modern di negeri sendiri dengan menindas dan menyengsarakan sesama anak bangsa,” tandasnya.

Adapun rangkaian kegiatan inti pada Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kabupaten Tegal ini meliputi pengukuhan paskibra. Sidang paripurna DPRD, malam tasyakuran, apel kehormatan dan renungan suci, dan Upacara Peringatan HUT RI. 

Pemberian remisi kepada narapidana, Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dan Resepsi HUT RI.

BACA JUGA:Jalan Sehat HUT RI, 700 Warga RW 4 Margadana Tegal Buru Satu Ekor Kambing

BACA JUGA:Karnaval HUT RI Desa Mulyoharjo Tegal, Replika Burung Garuda Raksasa Diarak Keliling Kampung

Sedangkan kegiatan peringatan HUT RI ini imeriahkan dengan Semarak Karnaval Kemerdekaan 2023 yang diselenggarakan selama dua hari, tanggal 26-27 Agustus 2023 di Kota Slawi. 

Karnaval tersebut diikuti oleh pelajar, masyarakat umum, organisasi perangkat daerah, BUMN, BUMD, perusahaan swasta, hingga organisasi kemasyarakatan. ***

Sumber: radartegal.disway.id