Bakal Digembleng Selama 15 Hari, 72 Pelajar Lolos Jadi Paskibra Kota Tegal

Bakal Digembleng Selama 15 Hari, 72 Pelajar Lolos Jadi Paskibra Kota Tegal

--

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Bakal menjalani gemblengan selama 15 hari, 72 pelajar Kota Tegal dipastikan lolos menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Tegal 2023.

Hal ini setelah mereka melalui beberapa seleksi sebelum nantinya menjalani sejumlah pelatihan, dikukuhkan dan menjalankan tugasnya.

Selama pelatihan, mereka akan mendapatkan materi baris-berbaris dengan formasi 17, 8 dan 45. Selain itu, juga mengasah kekompakan, jiwa korsa dan pembinaan fisik serta mental Paskibraka agar siap saat menjalankan tugas nantinya.

Mereka yang lolos seleksi berasal dari sejumlah SMA/SMK yang ada di Kota Tegal. Sebelum lolos, mereka juga bersaing ketat dengan ratusan siswa lainnya yang mengikuti seleksi.

Dari total 340 siswa yang mengikuti seleksi itu, akhirnya menyisakan 72 pelajar. Merekalah yang nantinya akan menjalani pelatihan-pelatihan.

BACA JUGA:Mampir ke Kantor NU Margadana Kota Tegal, Biksu Thailand Sempat Merapal Doa

Kepala Badan Kesbangpol Kota Tegal Budi Saptaji mengatakan, untuk menentukan anggota Paskibra 2023, pihaknya telah menggelar seleksi. Itu, berlangsung sejak 4 Maret hingga 5 Mei 2023. 

"Untuk seleksi Paskibra, kita mulai sejak awal Maret 2023 lalu," kata Budi.

Seleksi itu, kata Budi, meliputi administrasi, kesehatan, parade, seleksi Pancasila dan wawasan kebangsaan. Kemudian juga seleksi intelegensia umum, peraturan baris-berbaris (PBB), kesamaptaan dan seleksi kepribadian.

"Jadi ada beberapa seleksi yang mereka harus jalani sebelum terpilih menjadi anggota Paskibra,"ujar Budi.

Tim seleksi yang terdiri dari TNI dan Polri akhirnya menetapkan 72 peserta yang berhak lolos dan menjadi Paskibra tingkat Kota Tegal.

Budi mengatakan setelah lolos seleksi, mereka akan mengikuti latihan selama 15 hari dari para instruktur. Tim instruktur terdiri dari TNI Polri dan Purna Paskibra Indonesia (PPI) Kota Tegal.

BACA JUGA:Biksu Thailand Disambut Hadroh dan Karawitan, Bupati Tegal: Mereka Terkesan

"Proses latihan akan berlangsung pada akhir Juli 2023 mendatang. Lama pelatihan yakni 15 hari,"ujarnya.

Sumber: