Karnaval HUT RI Desa Mulyoharjo Tegal, Replika Burung Garuda Raksasa Diarak Keliling Kampung

Karnaval HUT RI Desa Mulyoharjo Tegal, Replika Burung Garuda Raksasa Diarak Keliling Kampung

HUT RI di Desa Mulyoharjo dimeriahkan dengan hadirnya replika Burung Garuda Raksasa.-Yeri Noveli-

RADAR TEGAL - Pemerintah Desa Mulyoharjo Kecamatan Pagerbarang Kabupaten TEGAL menggelar karnaval dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun, Jumat 18 Agustus 2023 sore.

Karnaval itu dimerihakan dengan hadirnya replika Burung Garuda Raksasa. Burung setinggi sekitar 2,5 meter itu diarak keliling desa dengan cara ditandu oleh sejumlah orang.

Warga tampak antusias mengikuti karnaval itu. Bahkan, sejumlah peserta juga rela tubuhnya dilukis dan mengenakan kostum rumput layaknya orang dari suku dayak. 

Ada pula emak-emak yang berkostum merah putih seperti bendera pusaka Republik Indonesia. Mereka tampak bahagia berjoget di depan panggung kehormatan.

BACA JUGA:Karnaval HUT RI di Lereng Gunung Slamet, 4 Replika Patung Pahlawan Diarak Keliling Desa

BACA JUGA:Auto Kenyang! Tasyakuran HUT RI, 78 Tumpeng Disuguhkan Warga RT 15 Slawi Wetan Tegal

Tak terkecuali para pelajar TK, SD, SMP hingga SLTA yang berpenampilan unik. Sebagian pelajar juga ada yang menampilkan kreasinya seperti marching band. Mereka sempat beratraksi di atas alat marching band saat melewati jajaran pemerintah desa.

Kepala Desa Mulyoharjo Abdul Basir mengatakan, warga sangat antusias saat mengikuti karnaval yang rutin diselenggarakan setiap HUT RI.

Jumlah peserta karnaval itu sekitar 700 orang. Mereka merupakan warga dari 11 RT yang tersebar di Desa Mulyoharjo. Tidak hanya bapak-bapak dan emak-emak yang mengikuti karnaval tersebut, tapi juga para remaja dan anak-anak pelajar.

"Karnaval ini kita lombakan. Yang dinilai adalah, jumlah peserta, kreatifitas seni dan kekompakan. Untuk dewan juri, kita melibatkan pemerintah desa, Dikbud dan yayasan pendidikan," kata Abdul Basir, di sela - sela acara.

BACA JUGA:HUT RI ke-78 di Kota Tegal, Momen Kenalkan Nasionalisme Sejak Dini Pada Anak

BACA JUGA:Rayakan HUT RI ke-78, 264 Anggota TNI dan Polri Donor Darah di Makodim Tegal

Menurutnya, untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ini, pihaknya juga menggelar lomba tamanisasi dan malam resepsi yang diiringi dengan musik dangdut. 

Dia berharap, kekompakan warga Desa Mulyoharjo tetap terjaga. Hal itu sesuai dengan slogan desa yang selalu digaungkan yakni Bersemi, artinya Beriman, Sejahtera, Makmur dan Indah.

Sumber: