15 Mitos Jawa yang Dipercaya Orang sampai Sekarang, Meski Unik Jika Dipikir-pikir Ternyata Ada Benarnya Juga

15 Mitos Jawa yang Dipercaya Orang sampai Sekarang, Meski Unik Jika Dipikir-pikir Ternyata Ada Benarnya Juga

Ayam berkokok di malam hari merupakan salah satu mitos Jawa yang masih dipercaya orang sampai sekarang.-foto: muslim kita-

5. Makan Sambil Tiduran Bisa Jadi Ular

Terlepas dari mitos Jawa yang masih dipercaya sampai sekarang ini, makan sambil tiduran berbahaya untuk kesehatan. Membawa makanan ke tempat tidur juga membuat kasur jadi kotor.

6. Dapat Suami Brewokan Jika Menyapu Tidak Bersih

Mitos yang satu ini kerap melanda para gadis. Saat mereka menyapu, mungkin pernah mendengar mitos ini. Terlepas dari mitos ini, kebersihan rumah memang penting untuk dijaga. Sehingga saat menyapu, jangan setengah-setengah, tapi harus diselesaikan sampai bersih.

7. Dilarang Memakai Baju Berwarna Hijau saat ke Pantai

Banyak orang yang masih meyakini mitos ini saat datang ke pantai selatan. Ada yang menganggap, pemakai baju berwarna hijau akan bertemu Nyi Roro Kidul yang identik dengan warna hijau. Di sisi lain, warna hijau akan tampak menyatu dengan laut. Sehingga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, tim SAR akan lebih kesulitan dalam melakukan evakuasi. Karena warna pakaian korban tidak mencolok.

Jika dipikir-pikir lagi masuk akal kok!

8. Menabrak Kucing Bisa Celaka

Mitosnya, orang yang menabrak kucing baik secara sengaja atau tidak, akan celaka. Terlebih jika tidak menolong atau menguburkan kucing yang ditabrak. Terlepas dari mitos ini, sudah sepatutnya jika tidak sengaja menabrak kucing di jalan, maka harus menguburkannya dengan layak. Karena kucing juga hewan ciptaan Tuhan. Namun tetap berhati-hati di jalan, agar tidak sampai menabrak kucing.

9. Pertanda Buruk saat Burung Gagak Ada di Depan Rumah

Jika ada burung gagak terbang mengitari atau hinggap di atap rumah, dianggap sebagai pertanda buruk. Mitos Jawa yang masih dipercaya sampai sekarang ini konon menjadi pertanda penghuni rumah akan mengalami sakit parah atau bahkan meninggal dunia. Begitulah mitosnya.

10. Ditinggal Jodoh Jika Sedang Menyapu Tapi Ditinggal

Jika anak perempuan menyapu namun tidak diselesaikan, maka akan ditinggalkan oleh jodohnya. Mitos ini masih dipercaya dan sering digunakan untuk memacu semangat perempuan di desa.

11. Larangan Memotong Kuku di Malam Hari

Banyak orang tua yang melarang memotong kuku di malam hari. Mitos ini muncul karena pada zaman dahulu belum ada penerangan lampu seperti sekarang. Sehingga ketika memotong kuku pada malam hari lebih sulit. Di sisi lain, memotong kuku pada malam hari juga mengotori area rumah. Terlebih, ada pula yang mengatakan, tak baik jika menyapu atau membersihkan rumah saat malam hari.

Sumber: