15 Mitos Jawa yang Dipercaya Orang sampai Sekarang, Meski Unik Jika Dipikir-pikir Ternyata Ada Benarnya Juga

15 Mitos Jawa yang Dipercaya Orang sampai Sekarang, Meski Unik Jika Dipikir-pikir Ternyata Ada Benarnya Juga

Ayam berkokok di malam hari merupakan salah satu mitos Jawa yang masih dipercaya orang sampai sekarang.-foto: muslim kita-

RADAR TEGAL - Kebudayaan Jawa yang terjaga secara turun temurun hingga saat ini, sedikit banyak ikut mempengaruhi kehidupan di Tanah Air. Termasuk tentang banyaknya mitos Jawa yang masih dipercaya orang sampai sekarang.

Budaya Jawa memang sarat dengan mitos dan legenda, sehingga tak sedikit hal tersebut banyak orang percayai sebagai pamali jika dilakukan. Meski begitu banyak filosofi yang terkandung dalam mitos-mitos tersebut dari dulu hingga sekarang.

Menurut Levi Strauss, mitos merupakan warisan yang berbentuk seperti cerita dari suatu tradisi lisan, dan mengisahkan tentang dewa-dewi, binatang, manusia, dan lain sebagainya. Itulah mengapa yang banyak menjadi korbannya biasanya adalah anak-anak.

Selain itu, anak-anak kerap mendapatkan larangan yang tidak masuk akal oleh orang yang lebih tua, tanpa menjelaskan mengapa hal tersebut tidak boleh mereka lakukan. Ternyata mitos-mitos Jawa tersebut banyak juga yang relevan dengan kondisi yang sebenarnya.

Apa saja mitos-mitos Jawa masih ada dalam kehidupan sehari-hari sampai sekarang? Di bawah ini adalah 15 mitos-mitos Jawa unik, yang apabila dipikir-pikir lagi ternyata memang masuk akal juga dalam kehidupan sekarang.

15 mitos Jawa yang dipercaya orang sampai sekarang

1. Sulit Dapat Jodoh, Anak Gadis yang Kerap Duduk di Depan Pintu

Percaya atau tidak, tinggal diambil sisi positifnya saja. Bahwasanya duduk di depan pintu akan menghalangi orang yang lewat. Sehingga, duduk di depan pintu menunjukkan ketidaksopanan pada orang yang hendak lewat.

2. Keluar Rumah saat Magrib Bisa Dibawa Wewe Gombel

Orang tua zaman dahulu kerap mempercayai mitos ini. Mitos ini melarang anak-anak keluar rumah saat magrib. Mereka percaya saat gelap datang, artinya waktu beristirahat di dalam rumah. Mitos itu kerap digunakan orang tua untuk meminta anaknya segera pulang bermain, saat magrib menjelang.

3. Duduk di Bantal Bisa Sebabkan Bisulan

Mitos ini juga sering terdengar. Mitos ini untuk mengingatkan bahwa bantal digunakan untuk kepala, dan tidak sopan bila dijadikan alas duduk.

4. Bersiul di Malam Hari Bisa Memanggil Setan

Tanpa disadari, mungkin Anda pernah bersiul di malam hari. Lalu ditegur oleh orang yang lebih tua. Mereka mengatakan bersiul di malam hari dapat memanggil setan. Terlepas dari itu, bersiul di malam hari nyatanya mengganggu keluarga atau tetangga yang sedang beristirahat.

Sumber: