15 Mitos Jawa yang Dipercaya Orang sampai Sekarang, Meski Unik Jika Dipikir-pikir Ternyata Ada Benarnya Juga

15 Mitos Jawa yang Dipercaya Orang sampai Sekarang, Meski Unik Jika Dipikir-pikir Ternyata Ada Benarnya Juga

Ayam berkokok di malam hari merupakan salah satu mitos Jawa yang masih dipercaya orang sampai sekarang.-foto: muslim kita-

12. Pamali Mengambil Makan Lebih Duluan dari Orang Tua

Sebenarnya, mitos ini untuk mengajarkan sopan santun. Di mana lebih baik orang yang lebih tua mengambil makanan terlebih dahulu. Yang lebih muda mengambil makanan belakangan, dengan maksud menghormati dan menghargai yang lebih tua.

Pertanda tidak baik bagi kehidupan sekitar

13. Ayam Berkokok di Malam Hari

Biasanya ayam berkokok sebagai pertanda pagi hari telah tiba. Namun, dalam kondisi tertentu ayam bisa berkokok di malam hari. Menurut mitos yang berkembang, itu justru menjadi petanda yang kurang baik, karena ayam berkokok tidak pada waktunya. Artinya, bisa jadi akan ada musibah atau petanda ada gadis yang hamil di luar nikah. Ada pula yang menganggap, ayam berkokok di malam hari karena melihat makhluk tak kasat mata.

14. Kupu-kupu Masuk Rumah Tanda Akan Ada Tamu

Kedatangan kupu-kupu ke dalam rumah dianggap sebagai tanda akan ada tamu yang datang. Sebenarnya, mitos tersebut dimaksudkan agar ketika seseorang berkunjung ke rumah, Anda selalu siap menyambut dengan ramah.

15. Makan Buah dengan Bijinya Bisa Tumbuh di Kepala

Mitos ini sangat populer di kalangan anak-anak zaman dulu. Ternyata, di balik mitos ini ada pelajaran penting untuk melestarikan alam, dengan tidak rakus memakan buah beserta bijinya. Melainkan menyebarkan biji-bijian tersebut ke tanah agar dapat tumbuh kembali.

Demikian informasi tentang mitos Jawa yang masih dipercaya sampai sekarang. Semoga bermanfaat.(*)

Sumber: