Seminggu, Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Tegal Bertambah Empat Orang

Seminggu, Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Tegal Bertambah Empat Orang

Jumlah pasien positif covid-19 di Kabupaten Tegal terus mengalami peningkatan. Kali ini, dua warga Kabupaten Tegal dari klaster Jakarta terkonfirmasi positif terpapar virus corona baru atau covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19 Kabupaten Tegal dr. Joko Wantoro mengatakan pengkajian kebijakan pelonggaran kegiatan di Kabupaten Tegal menghadapi tantangan. Yakni dengan terus meningkatnya kasus warganya yang terkonfirmasi positif covid-19.

Dalam seminggu terakhir, di Kabupaten Tegal terdapat penambahan empat kasus baru dari hasil pelacakan dan tes cepat. Terbaru adalah dua kasus positif covid-19 dari Balapulang dan Kedungbanteng,

laki berinisial R (61), asal Desa Balapulang Kulon Kecamatan Balapulang, yang sebelumnya berstatus sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) di RSUD dr. Soeselo Slawi. Seorang lagi adalah laki-laki berinisial JJ (46), asal Desa Sumingkir Kecamatan Kedungbanteng.

"Keduanya memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta sebagai episentrum covid-19 di Indonesia," katanya.

Pasien R, tambah dr. Joko, pulang dari Jakarta di akhir Mei lalu dan masuk ke rumah sakit, Rabu (27/5), dengan keluhan batuk dan sesak napas. Dari pengambilan sampel swab, Selasa (2/6), yang hasilnya keluar, Sabtu (13/6) kemarin, kesimpulannya positif covid-19.

Sedangkan JJ, merupakan pekerja proyek bangunan, yang pulang dari Jakarta sebelum lebaran. Saat akan kembali bekerja ke Jakarta, dia melakukan tes cepat mandiri di RSUD dr. Soeselo Slawi, Selasa (2/6) lalu, sebagai syarat bepergian ke luar kota dan hasilnya reaktif.

"Menindaklanjuti hasil tersebut, pihak rumah sakit langsung mengambil sampel swabnya dan memulangkan JJ untuk menjalani karantina di desanya, sambil menunggu hasil uji laboratoriumnya keluar," tambahnya.

Sabtu (13/6) kemarin, rinci dr. Joko, hasil pemeriksaan swabnya keluar dan dinyatakan positif terpapar virus corona. Kendati tidak ada keluhan ataupun gejala klinis pada diri JJ, namun untuk penanganan lebih lanjut pasien dirujuk ke RSUD dr. Soeselo Slawi.

Dengan bertambahnya dua pasien itu, jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Tegal menjadi 25 orang. Rinciannya, 12 orang sembuh, sembilan orang sedang menjalani perawatan, dan empat orang meninggal dunia. (guh/zul)

Sumber: