Petani di Brebes Bisa Beli Pupuk Subsidi Pakai KTP, Tak Perlu Kartu Tani

Petani di Brebes Bisa Beli Pupuk Subsidi Pakai KTP, Tak Perlu Kartu Tani

PETANI - Para petani bawang merah di Kabupaten Brebes kesulitan mendapatkan pupuk subsidi menggunakan Kartu Tani. -Dedi Sulastro-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Menanggapi keluhan para petani, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyampaikan kalau petani di Brebes bisa beli pupuk subsidi pakai KTP tanpa menggunakan Kartu Tani. Mereka cukup menggunakan tanda pengenal tersebut saat membeli pupuk subsidi di toko pengecer resmi. 

"Mulai hari ini, beli pupuk subsidi cukup pakai KTP. Tidak usah pakai Kartu Tani. Kalau yang punya Kartu Tani mau dipakai silakan. Tapi yang tidak punya Kartu Tani, bisa pakai KTP," ungkapnya saat menemui petani di Desa Sisalam Kecamatan Wanasari, kemarin. 

Mentan Amran Sulaiman mengaku mendapat banyak keluhan dari para petani bawang merah di Kabupaten Brebes. Keluhan itu termasuk kesulitan mereka mendapatkan pupuk subsidi menggunakan Kartu Tani. Sehingga petani di Brebes bisa beli pupuk subsidi pakai KTP.

Menurut para petani, penggunaan Kartu Tani membuat repot para petani karena tidak semua petani yang membutuhkan pupuk subsidi memiliki Kartu Tani. 

BACA JUGA:Petani Curhat soal Pupuk Subsidi, Ini Kata Mentan Andi Amran Sulaiman

"Tidak perlu lagi pakai Kartu Tani. Cukup pakai KTP petani bisa mendapatkan pupuk subsidi sesuai dengan jatahnya atau sesuai kuota. Tahun ini Pak Presiden juga sudah menambah kuota subsidi pupuk Rp14 triliun," ujarnya. 

Sebelumnya, Mentan juga mengancam akan mencabut izin toko pengecer atau distributor yang nakal dalam penyaluran pupuk subsidi kepada para petani. Dia penyalahgunaan pupuk subsidi ada di sektor pengecer. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan ada distributor yang nakal.

"Kebetulan ada pak Kapolres Brebes, saya minta ditindaklanjuti. Kalau hasilnya memang terbukti, saya jamin izinya akan dicabut, termasuk bila ada distributor yang nakal, saya cabut izinya. Saya minta Pak Kapolres menyelesaikan penyelidikan ini dalam satu minggu harus beres. Nanti saya ke sini lagi setelah ada laporan tindak lanjut," imbuhnya.

Mewakili petani bawang merah, Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) mengutarakan bahwa saat ini petani selalu mengalami kesulitan mendapatkan pupuk subsidi. Kemudian, beberapa kasus yang dialami petani, yakni adanya pengecer pupuk yang menjual pupuk subsidi diatas harga patokan pemerintah.

BACA JUGA:Kurangi Penggunaan Pupuk Anorganik, Petani Tegal Belajar Teknologi Pemanfaatan Mikroba

"Kesempatan ini kami gunakan untuk menyampaikan unek-unek petani. Terutama pupuk subsidi, petani banyak yang kesulitan untuk membeli dan ada pengecer yang jual pupuk subsidi di atas harga yang dipatok pemerintah," pungkasnya.

Demikian informasi terkait pupuk subsidi di Brebes. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: