Petani Curhat soal Pupuk Subsidi, Ini Kata Mentan Andi Amran Sulaiman

Petani Curhat soal Pupuk Subsidi, Ini Kata Mentan Andi Amran Sulaiman

Menteri Pertanian saat kunjungan ke Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Brebes, Rabu 3 Januari 2023. Dalam kunjungan kerjanya itu, petani curhat soal pupuk subsidi sampai penyerapan hasil panen saat harga murah.

Petani curhat soal pupuk subsidi saat Amran melakukan kunjungan kerja ke Brebes tepatnya di area pertanian bawang merah Desa Sisalam, Kecamatan Wanasari, Brebes. Dirinya tiba di lokasi sekitar pukul 17.00 WIB usai Presiden Jokowi meresmikan jembatan Pemali.

Ratusan petani yang sudah lama menunggu langsung mencurahkan keluh kesah kepada Mentan, salah satunya petani curhat soal pupuk subsidi. Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia Dian Alex Chandra tak mau ketinggalan dalam menyampaikan aspirasinya.

Mewakili petani bawang merah, Alex, panggilan akrab ketua ABMI menyampaikan kalau saat ini petani curhat soal pupuk subsidi karena selalu mengalami kesulitan mendapatkannya. Kemudian, beberapa yang dialami petani, yakni adanya pengecer pupuk yang menjual pupuk subsidi di atas harga patokan pemerintah.

BACA JUGA:Pupuk Subsidi Hanya Bisa Ditebus di Kios Resmi, Penerima harus Terdaftar di e-Alokasi

"Kesempatan ini kami gunakan untuk menyampaikan unek-unek petani. Terutama pupuk subsidi, petani banyak yang kesulitan untuk membeli dan ada pengecer yang jual pupuk subsidi diatas harga yang dipatok pemerintah," ujarnya.

Selain petani curhat soal pupuk subsidi, ketua ABMI ini juga meminta pemerintah agar pemerintah menyerap hasil panen saat harga murah. Tujuannya, agar harga pasaran tetap stabil.

Menanggapi petani curhat soal pupuk, Mentan Andi Amran Sulaiman berjanji akan menindaklanjutinya. Menurutnya, pihaknya akan meminta Polisi untuk mengusut pihak yang menjual pupuk subsidi di atas harga pemerintah. 

"Kebetulan ada pak Kapolres Brebes, saya minta ditindaklanjuti. Kalau hasilnya memang terbukti, saya jamin izinnya akan dicabut, termasuk bila ada distributor yang nakal, saya cabut izinya," tegasnya.

BACA JUGA:Pupuk Subsidi di Kabupaten Tegal Terserap 65 Persen, Dipastikan Realisasi Bertambah

Sementara soal penyerapan hasil panen, Mentan memberi solusi untuk membangun gudang penyimpanan baru. Tujuannya agar bisa dijadikan sarana menyimpan bawang panen saat harga anjlok.

Demikian informasi terkait petani curhat soal pupuk subsidi di Brebes. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: