Mitos Tanah Jawa di Gunung Tidar, Terdapat Makam Keramat dan Sejarah Pertarungan Dua Tokoh Terkenal

Mitos Tanah Jawa di Gunung Tidar, Terdapat Makam Keramat dan Sejarah Pertarungan Dua Tokoh Terkenal

mitos tanah jawa di Gunung Tidar--

RADAR TEGAL - Tanah Jawa mempunyai mitos paling terkenal dan mistis yang berasal dari Gunung Tidar sebagai kepercayaan kejawen di Jawa Tengah. Konon, pada zaman dahulu Pulau Jawa akan terbawa arus laut apabila tidak ditancapkan sebuah paku di tengahnya.

Hingga kini mitos Tanah Jawa masih dianggap sakral dan terkenal, berbagai rumor menyebutkan Gunung Tidar menjadi pusat wilayah jawa yang masih mistis. Karena masyarakat masih mempercayai sosok Eyang Ismoyo Jati sebagai penunggu pulau.

Meskipun kebenaran mitos Tanah Jawa di Gunung Tidar ini tidak dapat dibuktikan, namun secara letak geografis memang berada di tengah-tengah Pulau Jawa. Maka hal ini memberi keyakinan yang semakin kuat.

Berikut mitos Tanah Jawa di Gunung Tidar sebagai kemistisan yang masih dipercayai semua masyarakat diberbagai daerah, terutama Jawa Tengah. Simak sampai selesai.

BACA JUGA: Akankah Pulau Jawa Benar-benar Terbelah Menjadi Dua? Begini Ramalan Jayabaya soal Mitos Gunung Slamet

Mitos Tanah Jawa di Gunung Tidar

Legenda ini telah disampaikan turun temurun, menceritakan asal-usul gunung yang unik dan perjalanan penuh tantangan seorang tokoh sakti dalam menyucikan pulau Jawa dari kehadiran bangsa jin dan menyebarkan ajaran Islam.

Awal mula ketika pulau Jawa disamakan dengan bentuk perahu yang terombang-ambing oleh gelombang laut. Kemudian Dewa khayangan yang melihat keadaan ini memutuskan untuk menancapkan paku bumi, yang kemudian bertransformasi menjadi Gunung Tidar.

Inilah awal mula keberadaan gunung yang menjadi saksi bisu legenda penuh misteri.

Nama "Gunung Tidar" sendiri berasal dari bahasa Jawa, yaitu "mati lan moda," yang memiliki arti jika tidak mati, maka modar. Konon, gunung ini menjadi pusat kerajaan gaib di Pulau Jawa, dihuni oleh bangsa jin yang memiliki ilmu kanuragan.

Kepercayaan akan kekuatan gaib Gunung Tidar begitu kuat sehingga menyulitkan upaya para ulama Islam untuk menyebarkan dakwah di tanah Jawa.

BACA JUGA: Penuh Misteri yang Belum Terungkap, Berikut Mitos-mitos yang Ada di Gunung Indonesia

Keberadaan makam keramat

Saat berada dipuncak Gunung Tidar Anda bisa melihat tiga makam keramat, yang tak luput dari berbagai kisah dibalik keberadaannya. Makam pertama adalah milik Syaikh Subakhir, yang dikenal sebagai tokoh penakluk Gunung Tidar. Makam kedua adalah milik Kyai Sepanjang, yang dikenal sebagai pusaka dari Syaikh Subakhir ketika menaklukkan para "penghuni" Gunung Tidar.

Sumber: