1.052 Calon Jemaah Haji Asal Brebes Mulai Diberangkatkan, Tertua 92 Tahun dan Termuda 20 Tahun

1.052 Calon Jemaah Haji Asal Brebes Mulai Diberangkatkan, Tertua 92 Tahun dan Termuda 20 Tahun

CJH asal Kabupaten Brebes sudah mulai diberangkatkan, Jumat 17 Mei 2024.(Istimewa)--

RADAR TEGAL - Sebanyak 1.052 CJH atau Calon Jamaah Haji asal Brebes, Jumat 17 Mei 2024 mulai diberangkatkan. Dari ribuan CJH tersebut, usia termuda yakni Kiki Aulia Febriani dengan usia 20 tahun.

Kepala Kemenag Kabupaten Brebes Akrom Jangka Daosat mengungkapkan, total calon jemaah haji asal Brebes mencapai 1.052 orang. Namun, ada salah seorang CJH yang tidak jadi berangkat karena sakit.

"Kalau total CJH asal Brebes yang berangkat ada 1.052 orang. Ada salah satu yang tidak berangkat karena sakit. Dan kalau untuk CJH termuda asal Brebes berusia 20 tahun," ujarnya 

Dia menambahkan, ada 23 calon jemaah haji asal Brebes terpaksa diberangkatkan dengan menggunakan kursi roda. Hal ini disebabkan kesulitan berjalan dan sudah lanjut usia.

BACA JUGA: Buntut Kerusakan Mesin Pesawat Jemaah Haji Kloter 5, Garuda Indonesia Dapat Teguran Keras

“Untuk jamaah calon haji yang paling tua asal Brebes yakni berusia 92 tahun. Bahkan ada 23 CJH yang harus menggunakan kursi roda karena sudah lanjut usia dan kesulitan berjalan,” terangnya.

Calon jemaah haji asal Brebes tahun ini terdiri dari 477 calon haji laki-laki dan 575 calon haji perempuan. Jumlah tersebut diberangkatkan pada 4 kloter pemberangkatan.

Yakni Kloter 24, 25, 26 dan Kloter 27. Mereka diberangkatkan dari Embarkasi Solo, dengan penerbangan dari Bandara Adisumarmo Solo menuju Madinah, Arab Saudi, mulai Sabtu 18 Mei 2024 besok.

Sementara itu, Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar mengatakan, sebagian calon jemaah haji asal Brebes yang akan diberangkatkan saat ini sudah lanjut usia (Lansia). Sehingga dirinya berpesan agar para CJH dalam menjaga kesehatan.

BACA JUGA: Tidak Buang Air Kecil saat Beribadah, Jemaah Haji Jangan Senang Dulu

"Prosesi haji sangat panjang, makanya kami menyarankan jangan beraktivitas berlebihan. Sehingga nantinya bisa mengikuti proses haji hingga di Padang Arofah dengan lancar," kata Iwanuddin, usai melepas pemberangkatan calon jemaah haji asal Brebes di Gedung Islamic Center.(*)

Sumber: