Latihan 8 Bulan, Merpati Kolong Rubicon Asal Tegal Juarai Lomba Balap Merpati Behadiah Rp1 Miliar

Latihan 8 Bulan, Merpati Kolong Rubicon Asal Tegal Juarai Lomba Balap Merpati Behadiah Rp1 Miliar

Dua peserta lomba Presiden Cup 2023 Merpati Kolong Padel Independent di Lapkol Padel Independent Desa Getaskerep Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, Minggu 17 September 2023 tengah beraksi mengendalikan burung merpatinya.-foto: humas pemkab tegal/zuhlifar arrisandy-

RADAR TEGAL - Pemilik burung merpati kolong dari seluruh Tanah Air, tumpah ruah di di Lapkol Padel Independent Desa Getaskerep Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, Minggu 17 September 2023. 

Mereka berkumpul untuk mengikuti Presiden Cup 2023 Merpati Kolong Padel Independent. Para peserta tidak hanya dari kota-kota besar di Pulau Jawa, tetapi ada juga yang datang dari Sumatera.

Hasilnya, balap merpati kolong Rubicon milik Ryan Hendriyawan berhasil menjadi juara pertama. Warga Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal itu berhasil meraih hadiah utama uang tunai sebesar Rp525 juta.

Selama jalannya lomba, Rubicon berhasil menyisihkan sekitar 1.700-an merpati kolong lainnya. Untuk menjadi jawara, Rubicon harus terbang 10-11 kali, sebelum berhasil masuk ke partai puncak.

Latihan intensif untuk jaga kekompakan tim

Menurut Ryan, kunci utama Rubicon berhasil menjadi juara dalam even bergengsi tersebut adalah kekompakan tim. Untuk melatih dan menjaga kekompakan tim, bukanlah perkara mudah.

BACA JUGA:Total Hadiah Rp1 Miliar, Juara 1 Lomba Merpati Kolong Padel Presiden Cup Diraih Warga Tegalsari

Ryan mengungkapkan kekompakan tim diperoleh melalui proses latihan intensif dengan jangka waktu yang cukup lama. Yaitu sekitar delapan hingga sembilan bulan, untuk menjadikan Rubibon sebagai merpati yang tangkas dalam bertanding.

"Untuk menjadikan Rubicon sebagai merpati kolong yang tangkas tidak mudah juga. Harus terus dilatih untuk menjaga kekompakan tim dan burung," ungkapnya.

Sedangkan juara kedua dalam even bergengsi berhadiah Rp1 miliar itu, adalah merpati balap, Purnama dari Cikarang, Jawa Barat dengan membawa pulang hadiah uang Rp250 juta. 

Sementara juara tiga diraih merpati, Kedot PMKN Donking Calaga, dan membawa pulang hadiah uang senilai Rp120 juta.

Lomba balap merpati kolong dihadiri Menteri Teten Masduki 

Selain memperebutkan hadiah yang fantastis Rp1 miliar, even itu semakin bergengsi dengan hadirnya Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki bersama Bupati Tegal, Umi Azizah.

BACA JUGA:Pesawat Tempur, Merpati Kolong Asal Pemalang Terjual Rp170 Juta, Pemilik: Hanya Dirawat Alakadarnya

Sumber: