5 Larangan Terhadap Mobil Listrik yang Harus Kamu Ketahui

5 Larangan Terhadap Mobil Listrik yang Harus Kamu Ketahui

OTOMOTIF- Berikut ini beberapa larangan terhadap mobil listrik.-(Ilustrasi Pineterest)----

radartegal.id - Dalam beberapa tahun terakhir, mobil listrik telah menjadi topik hangat di kalangan pecinta otomotif dan para ahli lingkungan. Kendaraan yang digerakkan oleh listrik ini menawarkan solusi ramah lingkungan dengan emisi karbon yang lebih rendah dibandingkan mobil berbahan bakar fosil. 

Namun, di balik manfaatnya yang luar biasa, ada beberapa larangan terhadap mobil listrik dan batasan yang harus diketahui oleh penggunanya nih. 

Berikut adalah lima larangan utama terhadap mobil listrik yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk beralih ke kendaraan masa depan ini.

1. Jangan Menggunakan Charger yang Tidak Sesuai

Mengisi daya mobil listrik tidak semudah mengisi bensin pada mobil konvensional. Ada aturan ketat tentang jenis charger yang boleh digunakan. Penggunaan charger yang tidak sesuai atau berkualitas rendah dapat merusak baterai mobil listrik, mengurangi efisiensi, dan bahkan menimbulkan risiko kebakaran. 

BACA JUGA: 6 Hal dari Mobil Listrik yang Tidak Boleh Diabaikan, Ternyata Masih Banyak yang Belum Paham

BACA JUGA: Mobil Listrik Paling Laris di Indonesia, Nomer 2 Bikin Mupeng

Produsen mobil listrik biasanya merekomendasikan charger tertentu yang telah diuji dan disetujui untuk digunakan dengan kendaraan mereka. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu menggunakan charger resmi atau yang telah disetujui oleh pabrikan.

2. Hindari Mengisi Daya Hingga 100% Terlalu Sering

Baterai mobil listrik memiliki kesamaan dengan baterai ponsel pintar dalam hal pengisian daya. Mengisi baterai hingga 100% secara terus-menerus dapat memperpendek umur baterai. Para ahli merekomendasikan untuk menjaga level pengisian antara 20% hingga 80% untuk memperpanjang masa pakai baterai. 

Mengisi daya hingga penuh hanya diperlukan saat kamu benar-benar membutuhkan jangkauan maksimum, seperti saat melakukan perjalanan jarak jauh.

3. Jangan Mengabaikan Perawatan Rutin

Meskipun mobil listrik memiliki lebih sedikit komponen bergerak dibandingkan dengan mobil konvensional, bukan berarti mereka bebas perawatan. Mengabaikan perawatan adalah salah satu larangan terhadap mobil listrik. Beberapa bagian seperti rem, ban, dan sistem pendingin masih memerlukan pemeriksaan rutin. 

BACA JUGA: Ini Daftar Mobil Terbaru 2024 yang Bakal Mejeng di GIIAS Agustus Mendatang! Honda Bawa Mobil Listrik Canggih

Sumber: