229 Kloter Jemaah Haji Indonesia Gelombang 1 Pulang ke Tanah Air, Total Ada 88.936 Orang

229 Kloter Jemaah Haji Indonesia Gelombang 1 Pulang ke Tanah Air, Total Ada 88.936 Orang

PULANG- Jemaah haji Indonesia kloter 42 Embarkasi Solo (SOC 42) menjadi rombongan terakhir. Sebanyak 360 jemaah terbang dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah pukul 01.30 Waktu Arab Saudi (WAS).-Istimewa-Kemenag.go.id

JEDDAH, radartegal.id- Fase pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang I yang berlangsung sejak 22 Juni 2024 telah selesai. Sebanyak 229 kloter pulang ke Tanah Air pada fase ini.

Jumlah tersebut terbagi sebanyak 183 kloter jemaah haji Indonesia yang terbang dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dan 46 kloter berangkat dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. 

Diketahui fase pemulangan gelombang I jemaah haji Indonesia ini berlangsung hingga, Kamis 4 Juli 2024 hari ini.

“Total ada 88.936 jemaah haji Indonesia yang telah kembali ke Indonesia pada fase pemulangan gelombang I,” sebut Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri pada Ditjen PHU Kemenag RI Subhan Cholid saat melepas kepulangan jemaah SOC 42 di Paviliun D 4 Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

BACA JUGA: 291 Jamaah Haji Asal Tegal Kembali ke Kampung Halaman, Pj Walikota: Semoga Menjadi Haji Mabrur

BACA JUGA: 4 Jemaah Haji Brebes Meninggal di Tanah Suci Makkah Akibat Suhu Ekstrem yang Terlalu Panas

Subhan Cholid bersyukur, sejak kedatangan pertama jemaah haji pada 13 Mei hingga saat ini, seluruh rangkaian penyelenggaraan Ibadah haji berjalan baik. Berbagai dinamika yang terjadi juga berhasil diselesaikan.

“Alhamdulillah berkat kerja keras dan kekompakan seluruh petugas haji dan kerja sama seluruh jemaah, persoalan yang terjadi disa dihadapi dan diatasi serta diselesaikan bersama. Sehingga jadwal yang telah ditetapkan, rencana yang sudah disiapkan bisa berjalan dengan baik dan lancar,” paparnya.

Jemaah haji Indonesia kelompok terbang (kloter) 42 Embarkasi Solo (SOC 42) menjadi rombongan terakhir. Sebanyak 360 jemaah terbang dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah pukul 01.30 Waktu Arab Saudi (WAS).

"Alhamdulillah saat ini kita sudah di tahap akhir untuk pengiriman jemaah haji gelombang pertama, dengan melepas Kloter Terakhir yakni SOC 42 yang berisi jemaah haji asal Kota Semarang dan Kab. Kendal Jawa Tengah, dan diberangkatkan pada pukul 1.30 WAS dini hari. Kita doakan bersama semoga perjalanannya diberkahi keselamatan sampai tiba di tanah air dan berkumpul kembali dengan keluarganya dan membawa haji yang mabrur," ujar Subhan.

BACA JUGA: Jamaah Haji Asal Brebes Tiba di Kampung Halaman, Anggota DPRD Ucapkan Selamat Datang

BACA JUGA: 291 Jamaah Haji Asal Kota Tegal Dijadwalkan Mendarat di Tanah Air Malam Ini

Sumber: kemenag.go.id