5 Mitos tentang Arca Kunto Bimo di Candi Borobudur, Punya Kekuatan Magis dan Kebal pada Apapun?

5 Mitos tentang Arca Kunto Bimo di Candi Borobudur, Punya Kekuatan Magis dan Kebal pada Apapun?

5 mitos arca Kunto Bimo di Candi Borobudur-freepik-

Kepercayaan tentang arca Kunto Bimo di Candi Borobudur lainnya yaitu dipercaya bisa menyembuhkan penyakit. Tidak sedikit yang percaya bahwa arca ini bisa membantu seseorang menyembuhkan penyakit tertentu dengan memberi persembahan atau ritual.

BACA JUGA: Penuh Mistis, Begini 4 Arti Mitos Tarian Barong Budaya Bali yang Belum Banyak Diketahui Orang

BACA JUGA: Mitos Candi Selogriyo Magelang, Sering Terdengar Gamelan pada Malam Ini

4. Pencarian Kekuatan Gaib 

Hal mistis terkait arca Kunto Bimo di Candi Borobudur ini tidak lepas dari hal-hal gaib. Tidak sedikit ada cerita yang menyebutkan bahwa arca ini menyimpan kekuatan gaib dan harta karun tersembunyi.

Hal ini seringkali menjadi inspirasi bagi beberapa orang yang suka petualangan atau legenda lokal. Namun tentu tidak ada pembuktian yang lebih valid dan mendukung pernyataan ini.

5. Hubungan dengan Kepercayaan Lokal 

Mitos tentang arca Kunto Bimo di Candi Borobudur tidak lepas hubungannya dari mitologi, serta kepercayaan warga lokal. Terutama sebelum agama Budha berkembang di wilayah ini.

Sejumlah arca yang ada di tempat ini sering menjadi fokus dari cerita dan mitos tentang dewa-dewa atau pahlawan dalam kepercayaan tersebut. Namun, bagi sebagian orang hanya menganggap arca ini sekedar objek wisata yang menarik di Candi Borobudur.

BACA JUGA: Cerita Mitos Rawa Rontek yang Melegenda, Perlu Cara Khusus untuk Menangani dan Menangkalnya

BACA JUGA: Kisah 25 Candi Yang Menjadi Asal-usul Kota Slawi, Konon Disediakan untuk Para Perjaka

Penutup

Tiap daerah di Indonesia memang tidak lepas dari yang namanya mitos dan sudah berkembang sejak lama. Termasuk juga patung arca yang ada di Candi Borobudur ini.

Mitos-mitos tadi menambahkan lapisan kekayaan budaya dan sejarah di sekitar arca Kunto Bimo dan Candi Borobudur secara keseluruhan. Meski memang tidak ada pembuktiannya, namun hal ini sudah jadi warisan budaya dan cerita rakyat sejak lama soal situs bersejarah ini.

Sumber: