5 Mitos tentang Arca Kunto Bimo di Candi Borobudur, Punya Kekuatan Magis dan Kebal pada Apapun?

5 Mitos tentang Arca Kunto Bimo di Candi Borobudur, Punya Kekuatan Magis dan Kebal pada Apapun?

5 mitos arca Kunto Bimo di Candi Borobudur-freepik-

Radartegal.id – Arca Kunto Bimo yang ada di Candi Borobudur menyimpan mitos tertentu yang tidak sedikit dipercaya orang-orang. Bukan sekedar patung biasa, konon arca ini menyimpan makna tertentu yang tidak lepas dari hal-hal gaib dan spiritual.

Mitos arca Kunto Bimo di Candi Borobudur sudah dipercaya sejak turun temurun. Meski belum ada pembuktiannya, mitos soal arca ini seolah sudah menjadi warisan budaya warga setempat terutama di Indonesia.

Meski begitu, mitos tentang arca Kunto Bimo di Candi Borobudur ini menjadi daya tarik tambah bagi wisatawan. Meski menyimpan misteri tertentu, salah satu objek wisata terkenal di Indonesia ini jadi tujuan liburan yang rasanya sayang jika tidak dikunjungi.

Selengkapnya di bawah 5 mitos arca Kunto Bimo di Candi Borobudur yang sering terdengar. Mulai dari dianggap memiliki kekuatan magis sampai lambang kebijaksanaan.

BACA JUGA: Mitos Curug Cipendok Banyumas Jawa Tengah, Konon Dihuni Makhluk Halus Berwujud Peri

BACA JUGA: 17 Museum Berkolaborasi di Pameran Bersama Abhirama, Kenalkan Kekayaan Budaya Jawa

5 Mitos arca Kunto Bimo di Candi Borobudur

Misteri arca Kunto Bimo yang ada di Candi Borobudur ini sudah berkembang sejak lama dari generasi ke generasi. Berikut di antaranya.

1. Kebal Terhadap Senjata 

Konon, ada yang menyebutkan bahwa arca ini memiliki kekuatan magis yang membuatnya kebal terhadap senjata atau serangan apapun. Tidak sedikit yang percaya bahwa siapapun yang mencoba melukai atau merusak arca ini akan mengalami kesialan atau bencana.

2. Pemimpin yang Bijaksana 

Mitos tentang arca Kunto Bimo di Candi Borobudur berikutnya yaitu merupakan gambaran dari sosok pemimpin bijaksana dan kuat. Ia dipercaya memiliki kebijaksanaan dan keberanian untuk melindungi rakyatnya dari ancaman dalam bentuk apapun.

3. Penyembuh Penyakit 

Sumber: